Pembangunan JIS Dilakukan Tanpa Mitigasi Risiko

Laporan: Zikri Maulana
Selasa, 02 Agustus 2022 | 20:48 WIB
Rapat Komisi B DPRD DKI (SinPo.id/Zikri)
Rapat Komisi B DPRD DKI (SinPo.id/Zikri)

SinPo.id - Perwakilan Inspektorat DKI Jakarta, Astri Gupita, turut menyoroti insiden robohnya pagar pembatas penonton di Jakarta International Stadium (JIS) beberapa waktu lalu. Menurutnya, insiden tersebut lantaran pembangunan diduga JIS tak memperhitungkan mitigasi resikonya.

Hal ini disampaikan Astri, pada rapat Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta bersama PT Jakarta Propertindo (Jakpro), yang digelar diruang rapat Komisi B DPRD DKI Jakarta, Selasa 2 Agustus 2022.

"Kalau melihat dari apa yang telah dipaparkan oleh JakPro memang di sini kami melihat bahwa kejadian yang kemarin terjadi kemungkinan memang belum diperkirakan atas mitigasi risikonya," kata Astri, dalam rapat Komisi B DPRD DKI Jakarta, Selasa 2 Agustus 2022.

Padahal, kata Astri, pembangunan sebuah fasilitas umum berskala besar harus memperhitungkan mitigasi risiko yang komperehensif. Perhitungan soal struktur bangunan dan bahan yang digunakan juga tak kalah penting.

"Ini menjadi masukan juga untuk kami pihak Pemprov terkait dengan proses pembangunan JIS. Dari tahap perencanaan hingga selesainya pembangunan JIS perlu adanya mitigasi-mitigasi risiko yang komprehensif," tutur Astri.

Diakui Astri, mitigasi resiko ini diperlukan untuk meminimalisir kejadian-kejadian serupa di masa yang akan datang. Insiden yang terjadi di JIS akan dijadikan pelajaran bagi pihak Pemprov DKI.

"Sehingga tidak akan ada lagi kejadian serupa yang terulang dan juga untuk meminimalisir risiko-risiko yang akan terjadi di masa yang akan datang," katanya.sinpo

Komentar: