Survei Charta Politika, Pak Bowo Unggul Telak di Jawa Barat

Laporan: Sinpo
Jumat, 15 Juli 2022 | 06:41 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, yang biasa disapa Pak Bowo (Ist)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, yang biasa disapa Pak Bowo (Ist)

SinPo.id - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto masih bertengger pada peringkat teratas elektabilitas calon Presiden pada Pemilu 2024. Hal ini tercermin dalam hasil survei Charta Politika yang dilakukan di Provinsi Jawa Barat pada Juni 2022.

"Pada sisi elektabilitas calon Presiden, Prabowo Subianto mendapatkan pilihan tertinggi. Diikuti berikutnya oleh Anies Baswedan, Ridwan Kamil, dan Ganjar Pranowo," kata Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya, Kamis, 14 Juli 2022. 

Dari hasil survei, elektabilitas pria yang karib disapa Pak Bowo yang menjabat sebagai Ketua Umum DPP Partai Gerindra sebesar 26,9%, disusul Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebesar 22,0%. Lalu di peringkat ketiga, ada nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan elektabilitas sebesar 19,5%.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berada di peringkat keempat dengan elektabilitas sebesar 15,2%, diikuti Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebesar 2,9%.

Setelahnya ada nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dengan 2,3%, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sebesar 1,8%, Menteri BUMN Erick Thohir sebesar 1,3%, kemudian ada nama Ketua DPR, Puan Maharani sebesar 0,7%.

Seperti diketahui, survei dilakukan melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur. Untuk metodologi yang digunakan yakni multistage random sampling, dengan tingkat kepercayaan 95%.sinpo

Komentar: