Dorong UMKM, Sandi Targetkan 4,4 Juta Lapangan Kerja Di 2024

Laporan: Zikri Maulana
Senin, 04 Juli 2022 | 18:50 WIB
Sandiaga Uno/net
Sandiaga Uno/net

SinPo.id -  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menargetkan penciptaan 1,1 juta lapangan pekerjaan baru di tahun 2022 dan akan terus mendorong hingga 4,4 juta lapangan pekerjaan di tahun 2024 melalui pemberdayaan UMKM.

Menurutnya, pemberdayaan UMKM saat ini telah dikoordinasikan melalui pelatihan dan pendampingan untuk unsur pemasaran dan permodalan serta aspek perizinan terutama Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

"Target kita adalah penciptaan 1,1 juta lapangan kerja baru di parekraf tahun ini, dan 4,4 juta lapangan kerja di akhir tahun 2024," kata Sandi kepada wartawan di Jakarta, Senin (4/7).

Sandi menjelaskan, saat ini UMKM yang sudah terdigitalisasi on boarding di platform e-commerce di 2023 akhir ada sekitar 20 juta, dari yang ditargetkan sebesar 30 juta sampai awal 2024.

Sandi menyampaikan apresiasi atas capaian pemulihan pariwisata. Menurutnya, capaian pemulihan tersebut menunjukan kebangkitan ekonomi bagi peningkatan penghasilan masyarakat.

"Makasih atas apresiasi capaian pemulihan pariwisata yang semakin menunjukkan kebangkitan dan optimisme," ujar Sandi.

"Juga program desa wisata yang diapresiasi dan dampak ekonomi karena kegiatan atau event yang digelar oleh pemerintah melalui kemenparekraf," tambahnya.

Sandi menambahkan, apresiasi tersebut akan dijadikan sebagai momentum kebangkitan ekonomi dan membuka lapangan kerja dan peningkatan penghasilan buat masyarakat.sinpo

Komentar: