Anies Proyeksikan 47 Ribu Hewan Kurban Di Jakarta Untuk Idul Adha 2022

Laporan: Zikri Maulana
Senin, 04 Juli 2022 | 14:08 WIB
Anies Baswedan/net
Anies Baswedan/net

SinPo.id -  ​Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meluncurkan program dukungan kebutuhan pangan untuk masyarakat berupa penyaluran 47 ribu ekor hewan kurban pada Idul Adha akhir pekan ini.

"Hari ini kita meluncurkan sama-sama program dukungan kebutuhan pangan di Jakarta dan khususnya untuk memasuki Idul Adha ini Jakarta memiliki kebutuhan, diproyeksikan tahun ini adalah 47 ribu ekor untuk kurban akhir pekan ini," kata Gubernur Jakarta Anies Baswedan kepada wartawan di Jakarta, Senin (4/7).

Anies menyampaikan, saat ini baru 42 ribu ekor yang sudah masuk ke Jakarta dan dipastikan hewan kurban tersebut sudah menjalani karantina.

Anies menegaskan, Jakarta tetap hijau dan aman dari wabah Pebyakit Mulut dan Kuku (PMK).

"Yang sudah masuk di Jakarta saat ini sudah 42 ribu dan mereka semua menjalani prosedur karantina dan lain-lain sehingga insyaallah status di Jakarta tetap hijau dan aman dari PMK", ujar Anies.

Anies memastikan untuk memenuhi 47 ribu hewan kurban tersebut, saat ini masih ada sekitar 5 ribu hewan kurban yang akan menyusul dan diprediksi akan tuntas sebelum perayaan Idul Adha.

"Masih ada 5 ribu yang dalam perjalanan diprediksikan akan tuntas sebelum perayaan idul adha," katanya.

Anies meminta masyarakat agar tenang karena kondisi harga stabil. Ia juga menuturkan, jika inflasi di Jakarta terkendali maka inflasi nasional turut terkendali.

"Kita bisa lebih tenang kondisi harga lebih stabil dan kalau harga stabil maka inflasi terkendali. Bila inflasi di Jakarta terkendali dengan kontribusi Jakarta sekitar 18 persen dari GDP nasional maka inflasi nasional pun akan ikut terkendali," tuturnya.

"Kalau inflasi terkendali itu artinya ibu rumah tangga tidak khawatir dengan harga-harga karena harganya stabil itu bahasa praktisnya kira-kira gitu dan kita berharap ini terus kita jalankan," pungkas Anies.sinpo

Komentar: