Rencana Koalisi PKB – Gerindra, Jazilul : Sudah Semakin Dekat

Laporan: Andi Muhammad Rezaldy
Kamis, 30 Juni 2022 | 16:36 WIB
Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa, Jazilul Fawaid (SinPo.id/Dok)
Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa, Jazilul Fawaid (SinPo.id/Dok)

SinPo.id -  Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB Jazilul Fawaid  mengatakan hubungan partainya dengan Gerindra semakin dekat. Hal itu disampaikan Jazilul Ketika ditanya terkait rencana koalisi kedua partai menghadapi pemilihan presiden 2024 mendatang.

“Makin mantap, sudah dekat. Tapi kan tentu kita belum memastikan untuk ke publik saja,” kata Jazilul, Kamis, (30/6).

Ia mengatakan koordinasi antara Gerindra dengan PKB tidak semua harus diungkapkan ke publik,  namun dipastikan hubungan kedua partai pemilik kursi di parlemen  itu sudah semakin dekat. Meski Jazilul belum memberitahu waktu deklarasi diresmikan ke public.

“Ya kan Pemilu semakin panjang, itung timing yang tepat. Tidak terlalu maju tapi juga tidak terlalu telat. Ya kira-kira mungkin 2023,” ujar Jazilul menambahkan.

Jazilul tak memungkiri sejumlah foto kedua ketua partai PKB dan Gerindra sudah dipasang di sejumlah titik publik di daerah. Dengan begitu partisipasi partai di tingkat bawah sudah mulai bergerak.

Sedangkan  PKB dan Gerindra sepakat membuka komunikasi  dengan partai lain, meski baru pembicaraan  belum ada kristalisasi, di antaranya  dengan Demokrat, NasDem, dan PKS serta PDIP. Meski  jika dihitung koalisi PKB Gerindra  sudah memenuhi syarat pencalonan presiden yakni 23 persen angota kedua partai di parlemen.

Namun ia mengatakan koalisi bisa menark dukungan dari partai lain untuk kepentingan kebersamaan. “Semakin banyak elemen di situ semakin bagus untuk membangun bangsa ini. Tapi kalau untuk lincah-lincahan berdua aja sudah lebih lincah,” katanya.sinpo

Komentar: