Putin Ikhlas Finlandia Dan Swedia Gabung Ke NATO, Asalkan...

Laporan: Bayu Primanda
Kamis, 30 Juni 2022 | 12:29 WIB
Vladimir Putin/net
Vladimir Putin/net

SinPo.id -  Presiden Rusia Vladimir Putin ikhlas dengan bergabungnya Finlandia dan Swedia ke NATO. Ia mengatakan dirinya tak ada masalah jika keputusan diambil kedua negara tetangga.

"Kami tidak memiliki masalah dengan Swedia dan Finlandia seperti yang kami lakukan dengan Ukraina," kata Putin pada konferensi pers di ibu kota Turkmenistan, Ashgabat pada Rabu (29/6) waktu setempat.

Kata Putin, bergabungnya dua negara tetangga itu sah-sah saja dilakukan. Terlebih, antara Rusia dan kedua negara tersebut tak ada masalah apa-apa.

"Kami tidak memiliki masalah teritorial," lanjut pemimpin Rusia itu.

"Tidak ada yang bisa mengganggu kami tentang Swedia dan Finlandia bergabung dengan NATO. Jika Finlandia dan Swedia ingin, mereka dapat bergabung. Terserah mereka. Mereka dapat bergabung pada apa pun yang mereka inginkan," sambung Putin dalam pernyataannya.

Meski demikian, Putin mengingatkan kepada keduanya jika mereka berani macam-macam dengan mengerahkan infrastruktur militer di tanah mereka, maka Rusia akan memberi respons serius atas tindakan tersebut.

"Namun, jika kontingen militer dan infrastruktur militer dikerahkan di sana, kami akan berkewajiban untuk merespons secara simetris dan meningkatkan ancaman yang sama untuk wilayah-wilayah di mana ancaman telah muncul bagi kami," tegas Putin.

Swedia dan Finlandia telah memutuskan untuk bergabung dengan NATO setelah Rusia meluncurkan operasi militernya di Ukraina pada 24 Februari.

Proses formal untuk keanggotaan diluncurkan pada KTT NATO di Madrid pada hari Rabu setelah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mencabut keberatannya terhadap upaya keanggotaan Finlandia dan Swedia.sinpo

Komentar: