Dewan Pers SinPo

Kunjungi Ukraina, Jokowi Disambut Langsung Zelensky Di Depan Istana

Laporan: Bayu Primanda
Kamis, 30 Juni 2022 | 03:27 WIB
Jokowi disambut meriah masyarakat/net
Jokowi disambut meriah masyarakat/net

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo atau Jokowi langsung disambut oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di pintu masuk Istana saat kunjungan kenegaraan Rabu sore sekitar pukul 15.00 waktu setempat, (29/6). 

Laporan presidenri.go.id menyebutkan setelah penyambutan, kedua pemimpin negara tersebut masuk ke dalam Istana untuk melakukan sesi foto bersama dan dilanjutkan pertemuan.

Turut mendampingi Presiden Jokowi yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. 

Sebelumnya, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana beserta rombongan terbatas tiba di Kyiv, Ukraina, pada pukul 08.50 waktu setempat.

Sejam kemudian, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana melakukan kunjungan di Kota Irpin, sekitar 30 kilometer dari Kyiv, dan meninjau reruntuhan gedung-gedung yang terdampak perang.

“Di dalam kunjungan ke Irpin, Bapak Presiden dan Ibu Negara didampingi atau diterima oleh Wali Kota Irpin dan dijelaskan mengenai kondisi Kota Irpin di mana sekitar lebih dari 70 persen bangunan yang ada terdampak karena perang,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dikutip dari laman presidenri.go.id, rabu, (29/6) malam.

Menurut Retno, presiden mendapat penjelasan dari wali kota setempat twrkait kondisi terkini kota tersebut. Berdasarkan penjelasan, kondisi kota kini ditempati 40 persen dari penduduk Irpin.

Masyarakat di Irpin kembali dari pengungsian mereka saat perang berkecamuk. Presiden Jokowi bersama dengan Ibu Iriana kemudian meninjau salah satu rumah sakit di sekitar Kyiv.

Dalam kesempatan tersebut, Ibu Iriana secara simbolis menyerahkan bantuan, baik dari pemerintah maupun dari masyarakat Indonesia, berupa obat-obatan yang diperlukan oleh rumah-rumah sakit yang ada di Ukraina.

“Selain bantuan yang secara simbolis disampaikan Ibu Negara, pemerintah Indonesia juga memberikan bantuan melalui Palang Merah Ukraina dan juga komitmen untuk membantu rekonstruksi rumah sakit yang terdampak perang,” kata Menlu Retno menjelaskan.

Tercatat, selain bantuan kemanusiaan yang diserahkan hari ini kepada rumah sakit, Pemerintah Indonesia juga memberikan bantuan melalui Palang Merah Ukraina dan komitmen rekonstruksi rumah sakit yang rusak akibat perang.sinpo

Komentar: