Apresiasi Kemhan Raih WTP 4 Kali Beruntun, Pengamat: Ini Harus Dijaga!

Laporan: Bayu Primanda
Selasa, 28 Juni 2022 | 15:02 WIB
Susaningtyas Kertapati/net
Susaningtyas Kertapati/net

SinPo.id -  Pengamat militer dan intelijen, Susanintyas NH Kertopati mengapresiasi prestasi Kementrian Pertahanan (Kemhan) yang meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk keempat kalinya secara berturut-turut sejak Tahun 2018.

Hasil pemeriksaan atas Laporan Keuangan Kemhan Tahun 2021 tersebut diterima oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto pada Selasa (28/6).

"Status WTP ini merupakan penghargaan tertinggi atas peningkatan akuntabilitas pengelolaan keuangan yang telah dilakukan Kemhan dan TNI," kata Nuning saat dikonfirmasi SinPo.id pada Selasa (28/6).

Nuning menyoroti nilai anggaran Kemhan yang cukup tinggi dari alokasi APBN. Menurutnya, menjaga uang rakyat yang diamanahkan untuk pertahanan RI serta mencegah kebocoran merupakan hal yang tidak mudah.

Oleh karena itu, prestasi Kemhan dengan predikat WTP harus dijaga demi menjaga kepercayaan masyarakat.

"Anggaran pertahanan termasuk tertinggi. Hal ini merupakan tanggung jawab yang harus dijaga. Jangan sampai ada kebocoran-kebocoran anggaran," kata Nuning.

Sementara itu, Prabowo Subianto selaku Menhan RI mengucapkan terima kasih atas bimbingan yang telah diberikan tim BPK RI kepada Kemhan dan TNI selama ini sehingga hasil pemeriksaan tahun ini Kemhan dan TNI kembali dapat menerima predikat opini WTP.

Sebab, capaian ini akan berdampak pada peningkatan pelaksanaan tugas Kemhan dan TNI ke depannya.

“Hasil dari capaian ini tentu akan sangat berdampak pada peningkatan pelaksanaan tugas ke depan. Hal tersebut juga dapat dikatakan adalah sesuatu yang merupakan minimum requirement. Yang merupakan landasan dalam meningkatkan kepercayaan publik terhadap pengelolaan keuangan di lingkungan Kemhan dan TNI,” ujar Prabowo.sinpo

Komentar: