Soal Isu Reshuffle, NasDem: Presiden Pasti Ambil Keputusan Tepat

Laporan: Sinpo
Selasa, 14 Juni 2022 | 20:07 WIB
Jhonny G Plate/Net
Jhonny G Plate/Net

SinPo.id - Sekretaris Jenderal Partai NasDem, Johnny G. Plate meminta urusan reshuffle kabinet yang belakangan beredar diserahkan kepada Presiden Joko Widodo. Menurutnya, Jokowi pasti mengambil kebijakan yang tepat soal kocok ulang itu.

"Bersabar aja dinda bapak Presiden pasti mengambil kebijakan yang tepat setelah melalui pertimbangan yang matang," kata Plate melalui pesan singkat, Selasa (14/6).

Ia mengatakan seluruh kader NasDem yang ada di kabinet fokus pada pekerjaan yang ditugaskan Presiden. Plate menyebut spekulasi-spekulasi yang beredar saat ini tidak bermanfaat dan mengganggu soliditas nasional.

"Di saat di mana kita semua perlu menjaga soliditas sebagai kekuatan besar bangsa. Nasdem mendukung Presiden dan akan terus mendukung Presiden apalagi di saat sulit seperti sekarang di mana terjadi banyak tantangan baik masalah kesehatan - pandemi Covid maupun perubahan geostrategis Ukraina," ucapnya.

Plate juga menjawab soal kabar yang menyebut bahwa Ketua Umum partainya, Surya Paloh menemui Jokowi pada hari ini. Ia tidak menampik soal adanya pertemuan itu. Ia mengatakan Surya Paloh bertemu Jokowi di banyak kesempatan.

"Bang SP bertemu bapak Presiden di banyak kesempatan, menyangkut banyak hal pula baik penyelenggaraan negara maupun penyelenggaraan pemerintahan agar kita semua sebagai bangsa tetap kokoh dan kuat," katanya.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung sebelumnya enggan mengonfirmasi kabar reshuffle kabinet akan digelar pada Rabu (15/6). Dia menyatakan Jokowi yang akan menentukan kapan reshuffle kabinet.

"Yang jelas Presiden kan beliau sudah delapan tahun di pemerintahan ini. Beliau tahu banget mana yang menjadi kebutuhan dari kabinet ini," ucap Pramono di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (14/6).

Sejumlah tokoh dan menteri dipanggil ke Istana Kepresidenan Jakarta untuk bertemu dengan Presiden Jokowi. Pemanggilan ini dikaitkan dengan isu reshuffle kabinet yang diduga akan dilakukan besok.

Beberapa di antaranya yang hadir di Istana yaitu Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil. Ada pula Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. Selain menteri, mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto juga menghadap Jokowi.sinpo

Komentar: