Hitung-Hitungan Peluang Indonesia Lolos Ke Piala Asia 2023

Laporan: Sinpo
Selasa, 14 Juni 2022 | 19:52 WIB
Timnas Indonesia/Net
Timnas Indonesia/Net

SinPo.id - Meski punya peluang lolos ke Piala Asia 2023, ada skenario terburuk Timnas Indonesia gagal melaju ke putaran final.

Timnas Indonesia akan melawan Nepal dalam laga pemungkas Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, di Stadion Jaber Al Ahmad pada Selasa (14/6) atau Rabu (15/6) dini hari WIB.

Karena telah mengumpulkan tiga poin dan melawan tim terlemah Grup A, peluang Timnas Indonesia lolos sangat besar. Namun bukan tak mungkin Nepal membuat kejutan.

Saat ini tersisa empat dari 24 tiket tampil di Piala Asia 2023. Sebanyak 12 tiket telah diraih tim yang lolos ke fase ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang berlangsung sejak 2019 hingga 2021.

Ke-12 tim yang paling awal meraih tiket Piala Asia 2023 adalah Jepang, Suriah, Qatar, Korea Selatan, Australia, Iran, Arab Saudi, Eni Emirat Arab, China, Irak, Oman, dan Vietnam.

Sisanya, 12 tiket, diperebutkan 28 negara dalam babak kualifikasi Piala Asia 2023. Hingga Selasa (14/6) pukul 16.30 WIB, delapan tiket telah berhasil diamankan.

Kedelapan tim tersebut adalah Lebanon, Palestina, Uzbekistan, Hong Kong, Tajikistan, Thailand, Kirgistan, dan India. Dengan kata lain hanya tersisa empat tiket lagi.

Empat tiket tersebut diperebutkan tujuh tim. Ketujuh tim tersebut adalah Yordania, Kuwait, Indonesia, Bahrain, Turkmenistan, Malaysia, dan Filipina.

Dari Grup A, jika Timnas Indonesia kalah dari Nepal dan Kuwait juga kalah dari Yordania, runner up Grup B, Filipina yang akan meraih satu tiket ke Piala Asia.

Jika Timnas Indonesia menang atas Nepal, sedangkan Yordania ditekuk Kuwait, klasemen akan ditentukan lewat selisih gol. Bila ini terjadi, juara dan runner up akan lolos.

Kemudian dari Grup B tergantung dari hasil pertandingan Grup A dan E. Jika runner up Grup A dan E mengumpulkan enam poin, otomatis kans Filipina selesai.

Adapun situasi Grup E tidak jauh berbeda dengan Grup A. Jika Malaysia menang atau imbang dengan Bangladesh, sedangkan Bahrain menang atas Turkmenistan, mereka lolos.

Dengan kata lain, Timnas Indonesia bisa gagal ke Piala Asia 2022 jika kalah dari Nepal. Bila imbang, kans untuk lolos akan berat, karena tergantung hasil laga Grup B.sinpo

Komentar: