Besok KPK Periksa Anggota DPR Usai Budhi Sarwono Ditetapkan Tersangka Kasus Suap Lagi

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 13 Juni 2022 | 20:35 WIB
Bupati nonaktif Banjarnegara, Budhi Sarwono/net
Bupati nonaktif Banjarnegara, Budhi Sarwono/net

SinPo.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dijadwalkan memeriksa anggota DPR RI Lasmi Indaryani dalam perkara penerimaan dugaan suap pengadaan barang dan jasa di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjarnegara dan dugaan penerimaan Gratifikasi.

Legislatif dari Partai Demokrat Dapil Jawa Tengah itu akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Bupati Banjarnegara nonaktif Budhi Sarwono.

"Benar, KPK memanggil saksi antara lain Lasmi Indaryani/anggota DPR RI dalam perkara dugaan korupsi di Banjarnegara," ujar Pelaksana tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis di Jakarta, Senin (13/6).

Ali berharap Lasmi bisa koperatif hadir memenuhi panggilan untuk dilakukan pemeriksaan oleh tim penyidik lembaga antirasuah.

"Pemeriksaan bertempat di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah di Semarang pada Selasa (14/6)," ungkap Ali.

Diketahui, KPK kembali menetapkan Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono sebagai tersangka dugaan suap pengadaan barang dan jasa di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjarnegara dan dugaan penerimaan Gratifikasi.

Saat ini proses pengumpulan alat bukti sedang berjalan diantaranya dengan agenda pemanggilan dan pemeriksaan saksi-saksi.

Sebelumnya, Budhi Sarwono sudah dijerat pada dua perkara di lembaga antirasuah. Pertama terkait perkara suap dalam pekerjaan proyek infrastruktur di Kabupaten Banjarnegara.

Pada kasus ini, Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Semarang telah memvonis Budhi Sarwono dengan hukuman delapan tahun penjara dan denda Rp 700 juta subsider enam bulan penjara.

Sementara kasus berikutnya yaitu tindak pidana pencucian uang (TPPU). Penetapan tersangka ini merupakan pengembangan pada perkara suap. Saat ini prosesnya masih pada pemanggilan saksi-saksi.

Dalam perkara Pencucian Uang, KPK juga telah menyita aset milik tersangka Bupati Banjarnegara nonaktif Budhi Sarwono (BS) senilai Rp10 miliar.sinpo

Komentar: