Polarisasi Pemilu 2019 Tak Kunjung ?Sembuh?, PAN Harapkan Pilpres 2024 Tak Cuma Dua Paslon

Laporan: Ari Harahap
Senin, 23 Mei 2022 | 15:41 WIB
Politisi PAN, Guspardi Gaus/net
Politisi PAN, Guspardi Gaus/net

SinPo.id - Partai Amanat Nasional (PAN) berharap Pilpres 2024 mendatang tidak hanya diikuti oleh dua pasangan calon saja. Pemilu 2019 harus dijadikan pengalaman agar tak terjadi polarisasi di tengah masyarakat.

Demikian disampaikan Politikus PAN, Guspardi Gaus dalam keterangannya kepada wartawan di Jakarta, Senin (23/5).

"Pelaksanaan Pilpres 2024 diharapkan tidak hanya menghadirkan dua pasang calon Presiden dan Wakil Presiden," ujar Guspardi.

"Pilpres terakhir menyisakan trauma mendalam karena menimbulkan pembelahan sosial dan polarisasi yang tidak kunjung sembuh meskipun pemilu sudah usai," sambungnya.

Selain itu, Anggota Komisi II DPR RI itu juga menegaskan calon anggota legislatif yang akan berlaga di pileg 2024 harus mempunyai integritas, kapasitas dan kapabilitas yang mumpuni dan membawa misi untuk kesejahteraan rakyat.

"Sehingga mereka yang terpilih betul-betul bisa membawa aspirasi dari masyarakat yang memilihnya dan sesuai dengan harapan dan keinginan masyarakat," jelasnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan peningkatan kulitas pemilu dan memperbaiki berbagai kelemahan penyelenggaran pemilu sebelumnya tidak hanya menjadi tugas penyelenggara pemilu, pemerintah, DPR tetapi menjadi tugas semua stakeholder untuk meningkatkan kualitas pemilu.

"Penyelenggaran pemilu tidak hanya bersifat prosedural tetapi harus secara substantif memberikan manfaat kepada perbaikan demokrasi di Indonesia," demikian Guspardi.sinpo

Komentar: