Shin Tae-Yong Senang Timnas Indonesia Bisa Kalahkan Malaysia

Laporan: Azhar Ferdian
Minggu, 22 Mei 2022 | 20:17 WIB
Timnas Indonesia U-23/Reuters
Timnas Indonesia U-23/Reuters

SinPo.id - Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae Yong senang Garuda Muda bisa mengalahkan Malaysia pada perebutan medali perunggu SEA Games 2021 dengan memiliki dua pemain cadangan.

Indonesia menang adu penalti 4-3 atas Malaysia pada perebutan medali perunggu SEA Games 2021 yang berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi, Minggu (22/5).

Sempat unggul lebih dulu lewat gol Ronaldo Kwateh pada menit ke-69, gawang Indonesia kemudian dibobol Muhammad Hadi Fayyadh pada menit ke-81. Adu penalti langsung digelar usai skor imbang 1-1 selama 90 menit tanpa adanya babak tambahan.

Kemenangan diraih Indonesia dengan skuad yang minim. Hanya ada dua pemain outfield di bangku cadangan, Ilham Rio Fahmi dan Muhammad Ridwan, dengan Adi Satryo sebagai cadangan ketiga.

"Pertandingan hari ini sangat sulit bagi kami, tetapi kami bisa mendapat kemenangan karena ada keberuntungan dan menangnya pun adu penalti. Saya berterima kasih kepada pemain yang telah bekerja keras hingga hari ini," ujar Shin Tae Yong usai laga.

"Hingga kemarin hanya ada 14 pemain yang bisa mengikuti latihan dengan hanya dua cadangan yang ada. Saya baru kali pertama mengalami situasi seperti ini. Dengan skuad minim harus menjalani pertandingan perebutan tempat ketiga, tetapi saya tetap berterima kasih kepada pemain," sambung pelatih asal Korea Selatan itu.

Rio Fahmi dan Muhammad Ridwan diturunkan Shin Tae Yong di babak kedua sebagai pengganti Alfeandra Dewangga dan Irfan Jauhari. Bahkan Adi Satryo sempat mengenakan kostum pemain outfield sebagai bentuk jaga-jaga jika ada pemain Indonesia lainnya yang cedera.

Dalam daftar susunan pemain yang diterima CNNIndonesia.com, ada llima pemain cadangan Timnas Indonesia U-23 saat melawan Malaysia. 

Selain Rio Fahmi, M. Ridwan, dan Adi Satryo, masih ada nama Egy Maulana Vikri dan Syahrian Abimanyu. Namun dua nama terakhir tidak menggunakan kostum pertandingan di laga Indonesia vs Malaysia.sinpo

Komentar: