Komisi IX DPR Dan Kemenkes Bahas Masalah Hepatitis Akut Pekan Depan

Laporan: Farez
Jumat, 20 Mei 2022 | 08:08 WIB
Melkiades Laka Lena/net
Melkiades Laka Lena/net

SinPo.id -  Komisi IX DPR RI akan menggelar rapat kerja (raker) bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membahas permasalahan hepatitis akut pada Senin pekan dapan (23/5).

"Komisi IX sudah memutuskan untuk mengundang Kementerian Kesehatan dan pihak terkait untuk soal hepatitis akut ini dibahas dalam rapat kerja dengan Komisi IX," kata Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melkiades Laka Lena kepada wartawan Jumat (20/5).

Ketua DPP Partai Golkar ini menyebut, penyakit hepatitis akut mirip kondisi awal penyebaran COVID-19 di Tanah Air. Oleh sebab itu, Melki menekankan langkah antisipatif terhadap penyakit tersebut perlu dilakukan.

"Sekarang kita masuk di hepatitis akut dan mudah-mudahan kita lebih awal antisipatif dengan kejadian ini," kata dia.

Lebih lanjut, Melki menyebut Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO sendiri sampai hari ini, belum memberikan penjelasan yang cukup tentang jenis penyakit hepatitis akut ini. Kemenkes juga hingga kini masih mempelajari penyebab penyakit tersebut.

"Karena posisi kita masih meraba-raba, tentu yang paling penting adalah pencegahan sebenarnya, karena itu yang paling munkin, pencegahan bagaimana memastikan agar dua jalur masuknya penyebab penyakit ini, itu jangan sampai mengakhiri anak-anak kita," pungkasnya.sinpo

Komentar: