Dinkes DKI Jakarta Konfirmasi 5 Orang Meninggal Diduga Terjangkit Hepatitis Misterius

Laporan: Azhar Ferdian
Rabu, 18 Mei 2022 | 20:45 WIB
Hepatitis misterius/Net
Hepatitis misterius/Net

SinPo.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta melaporkan saat ini ada lima orang yang meninggal dunia dan diduga mengidap penyakit hepatitis misterius.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes DKI Jakarta Lies Dwi Oktavia menjelaskan dari kelima kasus yang meninggal dunia itu salah satunya telah berstatus probable hepatitis misterius. Sementara sisanya meninggal dunia pada saat proses pemeriksaan.

"Sejauh ini meninggal ada lima orang meninggal," ujarnya kepada wartawan, Rabu (18/5).

Dwi mengatakan secara keseluruhan saat ini total kasus dugaan hepatitis misterius di Jakarta mencapai 24 orang. Ia menjelaskan angka tersebut sudah jauh berkurang dari jumlah sebelumnya yang mencapai 49 kasus.

Pengurangan 25 kasus tersebut, kata dia, dikarenakan hasil pemeriksaan yang ada telah menemukan adanya indikasi penyakit lain pada pasien tersebut. Sehingga mereka dapat dikeluarkan dari kasus dugaan hepatitis misterius.

"Jadi 25 ini bukan hepatitis misterius nih, sudah ketahuan. Oh ini ada yang komplikasi, ada juga yang DBD," tuturnya.

Sementara untuk 24 pasien kasus dugaan hepatitis misterius saat ini, 3 orang telah dinyatakan probable hepatitis misterius dan 1 suspek hepatitis misterius.

Sementara untuk 20 orang sisanya masih dalam tahap pengembangan, menunggu hasil pemeriksaan yang belum keluar.

"Jadi dari 24 yang sekarang masih berstatus pengembangan itu ada 20 yang masih pending. jadi masih perlu hasil pemeriksaannya," jelasnya.

"Jadi kepada mereka 24 orang kita berusaha pastikan penyebabnya apa, kalau bisa diketahui baru keluar dari kelompok penyakit hepatitis misterius," tambahnya.sinpo

Komentar: