Anggaran Cat Dome Gedung Nusantara Rp 4,5 Miliar, Begini Kata Setjen DPR

Laporan: Azhar Ferdian
Rabu, 18 Mei 2022 | 00:51 WIB
Gedung DPR RI/Net
Gedung DPR RI/Net

SinPo.id - Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar buka suara soal anggaran sebesar Rp4,5 miliar untuk pengecatan dome Gedung Nusantara alias Gedung Kura-kura.

Dia mengatakan proyek tersebut tidak hanya terkait pengecatan dome Gedung Nusantara, melainkan juga mencakup perbaikan sejumlah komponen terkait.

"Itu memang benar, tetapi judul kegiatan itu memang tidak bisa diubah seenaknya. Di dalamnya itu ada perbaikan struktur, ada pengupasan, ada material-material tertentu, itu ada komponen-komponen semacam itu," kata Indra kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Selasa (17/5).

Ia pun menyatakan bahwa proyek tersebut lebih tepat disebut dengan waterproofing. Menurut Indra, proyek serupa terakhir dilakukan pada 2015 silam.

Dia berkata, waterproofing itu perlu dilakukan lagi saat ini dalam rangka perawatan bangunan yang merupakan warisan tersebut.

"Saat ini banyak bagian-bagian itu karena itu adalah bangunan heritage yang harus kita rawat, banyak bagian-bagian yang menggelembung kemudian dia menampung. Gelembung itu kemudian mengelupas strukturnya banyak retakan-retakan rambut dan juga banyak bagian-bagian untuk menyimpan uap air di dalamnya," katanya

"Termasuk di dalamnya jamur yang itu masuk ke dalam struktur beton tersebut," sambungnya.

Sebelumnya, berdasarkan informasi yang tertera di situs LPSE DPR pada Selasa (17/5) diketahui Setjen DPR menganggarkan pengecatan dome Gedung Nusantara dengan kode tender 735087.

"Nilai pagu paket Rp4.560.000.000. Nilai HPS [harga perkiraan sendiri] paket Rp4.501.240.786," tulis rincian anggaran dari situs LPSE DPR, Selasa (17/5).

Proses tender saat ini masuk tahap pengumuman pascakualifikasi yang akan berakhir pada 19 Mei 2022 mendatang. Tender berada pada satuan kerja Setjen DPR.

Peserta tender tercatat berjumlah 19 peserta. Jika semua tahapan berjalan lancar, maka tender akan diumumkan pada 30 Mei 2022 dan penandatanganan kontrak bakal dilakukan pada 8 Juni 2022.sinpo

Komentar: