Bisa Usung Capres Sendiri, PDIP Ogah Pusingin Koalisi Indonesia Bersatu...!!

Laporan: Ari Harahap
Selasa, 17 Mei 2022 | 15:15 WIB
Politisi PDIP, Junimart Girsang/SinPo.id
Politisi PDIP, Junimart Girsang/SinPo.id

SinPo.id - PDI Perjuangan (PDIP) turut angkat bicara terkait pembentukan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang diinisiasi oleh Partai Golkar, PPP dan PAN.

PDIP enggan ambil pusing dengan adanya koalisi tersebut. Pasalnya, PDIP tak perlu berkoalisi dengan partai politik lain untuk dapat mengusung calon presiden dan calon wakil presiden.

Hal itu karena PDIP sudah memenuhi ambang batas untuk pencalonan presiden yaitu 20 persen Presidential Threshold.

Demikian disampaikan Politisi PDIP, Junimart Girsang kepada wartawan di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (17/5).

"PDIP itu tidak perlu umumkan koalisi, PDIP sudah bisa mengusung itu saja dipahami. Sebagai catatan, partai yang satu-satunya bisa mengusung presiden ya PDIP, tanpa koalisi juga bisa," ujar Junimart.

Namun, anggota Komisi II DPR RI itu menjelaskan terkait keputusan melakukan koalisi dengan partai lain itu sepenuhnya merupakan kewenangan dari Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Meski begitu, ia menegaskan pihaknya sudah sangat siang untuk menghadapi Pemilu 2024 mendatang.

"PDIP itu partai yang betul-betul siap dengan pesta demokrasi, kalau masalah koalisi nanti saja itu menjadi kewenangan Ibu Ketua Umum," jelasnya.

"Jadi, koalisi urusan Ibu Ketum bukan urusan kita, kita hanya ikut tegak lurus saja," tandasnya.

Sebelumnya, Airlangga Hartarto bersama Ketum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) dan Ketum PPP Suharso Monoarfa sepakat membentuk koalisi gagasan menjelang Pemilu 2024.

Golkar belakangan menyebut koalisi tersebut dinamakan Koalisi Indonesia Bersatu.sinpo

Komentar: