Berbelangsungkawa Atas Wafatnya Raja Abu Dhabi! LBP: Beliau Punya Kemiripan Dengan Presiden Jokowi

Laporan: Samsudin
Sabtu, 14 Mei 2022 | 11:49 WIB
Raja Abu Dhabi yang juga Presiden UEA, Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan/reuters
Raja Abu Dhabi yang juga Presiden UEA, Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan/reuters

SinPo.id - Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan turut menyampaikan belasungkawa atas wafatnya Raja Abu Dhabi yang juga Presiden UEA, Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan.

“Belasungkawa saya sampaikan kepada seluruh jajaran pemerintah dan juga rakyat Uni Arab Emirat atas wafatnya Yang Mulia Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, Presiden UAE dan Raja Abu Dhabi pada hari ini (Jumat/13/5),” tulis Luhut melalui akun instagramnya, dikutip Sabtu (14/5).

Lanjut Luhut, ia mengaku memahami bahwa hari ini tidak ada yang lebih berduka dan kehilangan seperti rakyat Uni Arab Emirat serta Pangeran Mohammad Bin Zayed Al Nahyan, atas berpulangnya kakak tercinta yang selama ini punya peran penting dalam membawa Uni Arab Emirat menjadi negeri yang makmur dan maju.

Sejak menjadi Presiden UAE, Sheikh Khalifa menurut Luhut telah memimpin restrukturisasi besar-besaran sehingga saat ini kita semua melihat bagaimana transformasi yang dilakukan oleh UAE menjadi negara yang paling maju dan modern di kawasan, baik dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, maupun kesejahteraan rakyatnya sendiri.

Terlebih, Sheikh Khalifa adalah pemimpin UAE yang pertama kalinya menginisiasi sistem nominasi untuk anggota Dewan Nasional Federal, dimana langkah tersebut adalah inovasi dalam sistem pemilihan langsung di Uni Arab Emirat.

“Saya rasa berkat kerja dan inovasi yang beliau lakukan, Indonesia banyak belajar bagaimana membangun negeri yang maju dan modern pengetahuannya sekaligus memakmurkan segenap rakyatnya,” tulis LBP.

“Meskipun hanya pernah sekali bertatap muka, namun sosok Sheikh Khalifa yang saya kenal punya banyak kemiripan dengan Presiden Joko Widodo. Yaitu seorang pendengar yang baik, begitu rendah hati dan punya kepedulian yang tinggi pada kepentingan rakyat UAE secara keseluruhan,” tambahnya.

Terakhir, LBP menyampaikan selamat Jalan Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan.

“Saya berharap keluarga yang ditinggalkan khususnya Pangeran Mohammad Bin Zayed Al Nahyan diberikan ketabahan dan selalu dalam lindungan Tuhan YME dalam memimpin negeri,” demikian Luhut.

Belasungkawa juga mengalir dari para pemimpin Arab, termasuk raja Bahrain, presiden Mesir dan perdana menteri Irak.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menyampaikan belasungkawa atas kematian Sheikh Khalifa, yang ia gambarkan sebagai "teman sejati Amerika Serikat".

“Kami sangat menghargai dukungannya dalam membangun kemitraan luar biasa yang dinikmati negara kami hari ini. Kami berduka atas kepergiannya, menghormati warisannya, dan tetap berkomitmen pada persahabatan dan kerja sama kami yang teguh dengan Uni Emirat Arab, ” katanya.

 sinpo

Komentar: