Pimpinan DPR Minta Kemenkes Fokus Antisipasi Dini Hepatitis Akut Biar Gak Nyebar Seperti Covid

Laporan: Samsudin
Senin, 09 Mei 2022 | 17:25 WIB
Pimpinan DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad memberikan keterangan pers/SinPo.id
Pimpinan DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad memberikan keterangan pers/SinPo.id

SinPo.id - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad meminta pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk gencar menyelidiki penyebab munculnya hepatitis akut misterius yang belakangan menyebabkan kematian pada sejumlah anak.

Ia juga mendorong Komisi 9 DPR untuk berkodinasi dengan Kemenkes terkait hal ini.

“Kita akan minta komisi teknis terkait dalam hal ini komisi 9 untuk segera melakukan koordinasi dengan mitranya yaitu Kementerian Kesehatan untuk kemudian mencari tahu sebab ataupun kemudian hal-hal yang menimbulkan soal Hepatitis ini,” ungkap Dasco saat ditemui di gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (9/5).

Disampaikan Ketua Harian DPP Partai Gerindra itu, Kemenkes harus mengantisipasi dini kemunculan kasus hepatitis akut ini. Sebab jika tidak, dikhawatirkan kasusnya akan menyebar lebih luas seperti halnya Covid-19

“Mudah-mudahan soal Hepatitis ini tidak seperti covid yang kemudian menjalar kemudian menjadi pandemi. Kita minta kepada Kementerian Kesehatan untuk lebih serius menangani masalah ini,” demikian Dasco.

Sebagaimana diberitakan, pada 1 Mei 2022,  Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan Kejadian Luar Biasa (KLB) terkait adanya 228 kasus hepatitis yang terjadi  di 20 negara.

Hingga saat ini, WHO dan banyak negara masih melakukan investigasi terhadap penyebab dan perkembangan penyakit hepatitis misterius tersebut.sinpo

Komentar: