Prabowo-Puan Bertemu Di Kediaman Megawati, Pengamat: Prospek Duet Pilpres 2024 Makin Menguat

Laporan: Samsudin
Rabu, 04 Mei 2022 | 12:50 WIB
Prabowo bertemu Megawati dan Puan Maharani di momen lebaran/Net
Prabowo bertemu Megawati dan Puan Maharani di momen lebaran/Net

SinPo.id - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto melakukan serangkaian silaturahmi ke sejumlah tokoh pada momen hari raya Idul Fitri 2022, kemarin.

Selain bertemu Jokowi, Prabowo juga bersilaturahmi ke kediaman Megawati Soekarnoputri. Di tempat ini, turut mendampingi yakni Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani.

Selepas dari kediaman Megawati, Prabowo melanjutkan silaturahmi ke Jawa Timur, bertemu dengan Gubernur Khofifah.

Terkait dengan pertemuan Prabowo-Puan saat silaturahmi di kediaman Megawati, Pengamat politik dari Universitas Paramadina Khoirul Umam berpendapat silaturahmi itu menguatkan prospek Prabowo-Puan Maharani pada Pilpres 2024.

"Kedekatan ini makin menguatkan kemungkinan pasangan calon presiden/wakil presiden Prabowo-Puan di kontestasi Pilpres 2024," kata Khoirul Umam di Jakarta, kemarin.

Menurut dosen Ilmu Politik dan International Studies Universitas Paramadina ini, silaturahmi Megawati, Prabowo Subianto, dan Puan Maharani dalam momentum Lebaran 2022 bukanlah sekadar silaturahmi biasa.

Dikatakan Khoirul Umam, pertemuan itu mengindikasikan makin dekat, intensif, dan cairnya komunikasi politik di antara simpul kekuatan politik PDIP dan Gerindra.

Khoirul pun menilai duet Prabowo-Puan cukup meyakinkan karena elektabilitas Prabowo di hampir semua survei masih memuncaki klasemen 2 tahun menjelang Pilpres 2024.

Di sisi lain, meskipun elektabilitas Puan masih tergolong rendah, Puan memegang kunci kekuatan politik besar PDIP yang per hari ini masih konsisten memuncaki survei Parpol menjelang 2024.

"Terlebih lagi, kini sudah saatnya Megawati memberikan kesempatan kepada Puan untuk menjadi petarung andal," kata Direktur Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs ini.

Diketahui, dalam pertemuan ini, Prabowo ditemani putranya serta Sekjen Gerindra Ahmad Muzani dan Budi Gunawan. Sementara Megawati ikut didampingi salah satunya Puan Maharani.

Puan pun menyampaikan rasa syukur bisa bersilaturahmi dengan Prabowo Subianto.

“Alhamdulilah bisa bersilaturahmi kembali walaupun terbatas dengan tetap menjaga protokol kesehatan,” tulis Puan di akun instagramnya.

Terkait pertemuan dengan Prabowo, Puan menyebut hanya ngobrol-ngobrol santai. Tidak ada hal serius atau pun perbincangan politik.

“Bersama Pak @prabowo diskusi santai, ikut merasakan kegembiraan rakyat Indonesia berlebaran tahun ini, setelah 2 tahun dalam kondisi pandemi covid-19 yang berat dan menantang,” kata Puan.

Puan juga menyampaikan ucapan selamat hari raya kepada Prabowo.

“Selamat Idul Fitri, Pak Prabowo. Maaf lahir batin, tutup Puan.sinpo

Komentar: