Jokowi Minta Dermaga Pelabuhan Merak-Bakauheni Ditambah, Imbau Pemudik Tak Pulang Bersamaan

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 04 Mei 2022 | 11:08 WIB
Presiden Jokowi/setkab
Presiden Jokowi/setkab

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan kepada para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi untuk kembali lebih awal atau kembali setelah puncak arus balik mudik Lebaran.

"Setelah kita mersyakan hari raya Idulfitri di kampung halaman tentu kita akan kembali ke tempat masing-masing untuk bekerja maupun beraktifitas lainnya," kata Jokowi dalam siaran pers YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (3/5).

"Saya mengimbau dan saya mengajak bapak-Ibu dan sausara-saudara yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi agar kembali lebih awal atau kembali setelah puncak arus balik tentunya sesuai dengan izin yang didapatkan dari tempat kerja," ujarnya.

Jokowi mengungkapkan, imbauan tersebut diberikan agar masyarakat merasakan nyaman diperjalanan menuju tempat masing-masing setelah melakukan mudik. Selain itu juga agar kepadatan dan kemacetan tidak terjadi pada arus balik mudik lebaran tahun ini.

"Saya hanya ingin mengingatkan bahwa pemerintah memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada 6-7dan 8 mei 2022," ungkap Jokowi.

"Untuk menghindari kepadatan arus balik dan agar kita semua nyaman diperjalanan," tambahya.

Jokowi menambahkan, pemerintah akan terus melakukan upaya terbaik untuk masyarakat termasuk dalam mengatur perjalanan arus baik dengan manajemen lalu lintas untuk mengurai kemacetan.

Untuk itu, pemerintah akan kembali melakukan kebijakan ganjil genap, aturan satu arah atau one way dan larangan truck masuk jalan tol seperti pada saat pelaksanaan mudik.

"Semua dilakukan agar masyarakat tetap nyaman," tegasnya.

Ia juga mengatakan, dermaga di Pelabuhan Merak dan Bakauheni harus ditambah untuk mengantisipasi kepadatan akibat arus mudik Lebaran.

Menurut Jokowi, volume kendaraan di pelabuhan Merak dan Bakauheni tak sebanding dengan kapasitas dermaga. Padahal, menurut Jokowi, kapal di kedua pelabuhan itu sudah ditambah.

"Syukur Alhamdulillah, perayaan Idulfitri tahun ini berjalan dengan baik. Arus mudik juga lancar meski ada sedikit kendala di lapangan seperti antrean di Pelabuhan Merak dan Bakauheni. Akan tetapi kita tahu penyebabnya yaitu volume kendaraan yang tidak sebanding dengan kapasitas dermaga," kata Jokowi seperti dikutip, Selasa (3/5).

"Kapalnya sudah ditambah, dari 30-an menjadi 50-an, tetapi juga belum cukup. Saya kira dermaganya masih harus ditambah," sambungnya.

Jokowi menyampaikan mudik Lebaran 2022 ini diikuti oleh 85,5 juta orang, 23 juta mobil, dan 17 juta sepeda motor. Oleh sebab itu, dia mengimbau pemudik untuk pulang lebih awal ke daerah asal.

"Jangan bersamaan pada Sabtu atau Minggu untuk menghindari kemacetan di jalan tol, jalan nasional, maupun Pelabuhan di Merak-Bakauheni," demikian Jokowi.sinpo

Komentar: