Breaking News: Contraflow Hingga "One Way" Di Tol Cikampek-Kalikangkung Masih Berlaku

Laporan: Samsudin
Sabtu, 30 April 2022 | 14:04 WIB
Suasana antrean kendaraan di gerbang tol Cikampek/ist
Suasana antrean kendaraan di gerbang tol Cikampek/ist

SinPo.id - Demi mengurai kepadatan kendaraan para pemudik, Polisi memperpanjang rekayasa lalu lintas satu arah atau "one way" di tol Cikampek KM 47 sampai tol Kalikangkung KM 414.

Disisi lain, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sejumlah rekayasa lalu lintas yang saat ini tengah berlangsung di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek.

Dari data Jasa Marga, Contraflow sebanyak dua lajur masih berlaku dari Km 47 s.d Km 70 Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek sejak pukul 07.40 WIB.

Sementara itu, one way berlaku dari Km 70 GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek s.d Km 414 GT Kalikangkung sejak pukul 12.44 WIB.

“Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan,” demikian imbauan Jasa Marga dalam keterangan pers terbaru, Sabtu (30/4).

Sebelumnya, Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri Kombes Pol. Gatot Repli Handoko mengatakan, skema satu arah bakal berlaku hingga Sabtu (30/4) pagi pukul 08.00 WIB, sebagai rekayasa lalu lintas arus mudik Lebaran 2022.

Pada mulanya, jadwal sistem "one way" diberlakukan pada hari Jumat mulai pukul 07.00 WIB sampai 24.00 WIB.

Namun, dengan mempertimbangkan jumlah kendaraan yang bergerak keluar dan masuk tol masih cukup tinggi, maka Polri mengambil diskresi dengan memperpanjang waktu pemberlakuan one way.

"Pertimbangan dilakukannya perubahan rekayasa one way dari sekarang sampai besok pagi (Sabtu), kami melihat rekapitulasi kendaraan yang melalui jalur tol,” ucap Gatot.

“Di situ terlihat ada beberapa waktu atau jam yang menunjukkan adanya peningkatan jumlah kendaraan yang melintas," kata dia.

Gatot juga menyebutkan, berdasarkan data Jasa Marga, terdapat sekitar 30 persen lebih kendaraan yang belum bergerak.

Sehingga untuk mencegah terjadinya kemacetan, maka polisi memperpanjang pemberlakuan sistem one way hingga Sabtu pagi. Sebab, Polri memprediksi puncak arus mudik masih terjadi pada hari tersebut.

Oleh karena itu, normalisasi arus lalu lintas di ruas jalan tol Km 47 sampai Km 414 Tol Kalikangkung rencananya akan diberlakukan mulai pukul 08.00-16.00 WIB pada Sabtu (30/4).

"Karena kalau tidak dilakukan one way akan terjadi stuck, artinya semua kendaraan berbagai kendaraan pasti tidak bisa bergerak karena per jam itu jalur tol ada kapasitas kendaraan yang bisa melintas," ucap Gatot.sinpo

Komentar: