Video: Macet Menuju Exit Tol Merak Capai 8 Kilometer

Laporan: Samsudin
Sabtu, 30 April 2022 | 13:54 WIB
Tol arah Merak Padat di Cilegon Timur, Sabtu (30/4/2022)/Ig@citizen_jurnalise
Tol arah Merak Padat di Cilegon Timur, Sabtu (30/4/2022)/Ig@citizen_jurnalise

SinPo.id - Kepadatan arus mudik di sejumlah ruas jalan tol masih terlihat Sabtu (30/4) ini. Di tol  Tangerang-Merak misalnya, antrean panjang sudah terlihat di KM 90 menuju exit gerbang tol Pelabuhan Merak. Kemacetan mencapai 8 Kilometer.

Imbas kepadatan itu, kendaraan yang hendak keluar Tol Merak pun dialihkan ke GT Cilegon Timur. Selian itu, Polisi juga memberlakukan buka-tutup di gardu Gerbang Tol Cikupa, Tangerang, demi mencegah kepadatan kendaraan di Pelabuhan Merak.

"Sesuai pantauan dari Pospam Tanjung Gerem, kepadatan kendaraan di jalan tol Merak hingga berada pada KM 90, kepadatan hingga exit Tol Merak mencapai 8 kilometer. Untuk kepadatan arus di jalur arteri terpantau di Pertigaan Tanjung Gerem hingga ke Pelabuhan Merak," ujar Kabid Humas Polda Banten Kombes Shinto Silitonga, Sabtu, (30/4).

 Sinto menuturkan, untuk mengurai kepadatan kendaraan tersebut, saat ini diberlakukan rekayasa lalu lintas.

"Saat ini diberlakukan rekayasa lalu lintas dengan mengalihkan arus kendaraan keluar tol Cilegon Timur. Kepadatan arus di jalur arteri terpantau di pertigaan Tanjung Gerem hingga ke pelabuhan,"  tegasnya.

Disisi lain, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menegaskan, akan ada dua pelabuhan tambahan dioperasikan hari ini untuk mengurai kepadatan.

Dalam keterangannya, Budi Karya Sumadi meninjau langsung pelabuhan milik Pelindo yang berada di Ciwandan, Banten, hari ini. Dermaga tersebut akan dioperasikan sebagai dermaga tambahan Pelabuhan Penyeberangan Merak.

Menhub memimpin langsung proses pengoperasian dermaga Ciwandan, mulai penyiapan pelabuhan, kedatangan kapal, sampai masuknya kendaraan ke kapal.

"Kami akan siapkan sembilan kapal untuk dioperasikan, yang akan melayani dari dermaga Ciwandan ke Pelabuhan Bakauheni mulai hari ini," jelas Budi, Sabtu (30/4).

Selain Ciwandan, Budi menjelaskan telah mengoperasikan Pelabuhan Indah Kiat sejak Jumat (29/4) kemarin. Di pelabuhan tersebut telah disiapkan 2 kapal yaitu kapal KM Mutiara Ferryndo 7 dan KM Mutiara Berkah I.sinpo

Komentar: