Soal Capres Modal Ganteng Doang, Puan Dinilai Sedang Nyindir Ganjar

Laporan: Ari Harahap
Jumat, 29 April 2022 | 16:32 WIB
Puan dan Ganjar saat duduk bersama/net
Puan dan Ganjar saat duduk bersama/net

SinPo.id -  Pernyataan Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Puan Maharani yang menyindir Calon Presiden (Capres) cuma modal ganteng tampaknya ditujukan kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Demikian disampaikan pengamat komunikasi politik, M. Jamiluddin Ritonga kepada SinPo.id, Jumat (29/4).

Jamiluddin juga mengatakan, jauh sebelumnya, Puan sudah mengkritik kepala daerah yang bisanya hanya pencitraan melalui medsos.

"Kritik terhadap Ganjar memang masuk akal. Sebab, selama menjadi Gubernur Jawa Tengah tidak ada prestasi spektakuler yang dihasilkannya," ujar Jamiluddin.

Bahkan di Pulau Jawa, kata Jamiluddin, provinsi paling banyak tingkat kemiskinannya justru di Jawa Tengah. Sementara provinsi lain di Pulau Jawa jauh lebih baik tingkat kemiskinannya ketimbang Jateng.

"Agak aneh memang bila elektabilitas Ganjar kerap tinggi sementara prestasinya tidak ada yang spektakuler," katanya.

Sehingga, menurut akademisi Universitas Esa Unggul ini, keanehan tersebut juga kiranya yang membuat Puan kerap mengkritik hasil survei, terutama yang dirilis lembaga survei tertentu.

Lebih lanjut, Jamiluddin menilai, kritik Puan itu juga mengindikansikan kalau PDIP tidak akan mengusung Ganjar Pramono pada Pilpres 2024.

"PDIP tampaknya sudah tidak memasukkan Ganjar ke dalam daftar yang akan dipilih sebagai capres atau cawapres," jelasnya.

Oleh karena itu, dia menyatakan agar Ganjar dan relawannya sebaiknya jangan berharap lagi akan diusung PDIP. Tak perlu lagi para relawan Ganjar mendeklarasikan Ganjar-Puan.

"Ganjar kalau memang tetap ambisi nyapres, sudah selayaknya mencari perahu lain di luar PDIP. Golkar dan PKB tampaknya masih membuka diri untuk Ganjar," tuturnya.

"Itupun kalau Ganjar mau sebagai cawapres. Sementara untuk capres, tampaknya akan sulit ada partai lain yang mau mengusungnya," tandasnya.sinpo

Komentar: