Anggota Komisi II DPR Ajak Masyarakat Manfaatkan Program PTSL

Laporan: Ari Harahap
Kamis, 28 April 2022 | 10:00 WIB
Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PAN Guspardi Gaus (dua dari kiri/net
Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PAN Guspardi Gaus (dua dari kiri/net

SinPo.id - Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PAN Guspardi Gaus mengapresiasi dan mendukung, program Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yang melakukan sosialisasi program strategis bidang pertanahan.

"Program sosialisasi ini merupakan bentuk aktualisasi visi dan misi Presiden Joko Widodo yang menginginkan sertifikasi tanah dapat berjalan secara seksama, menyeluruh, dan masif untuk masyarakat melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)," ujar Guspardi dalam keterangannya, Kamis (28/4).

Guspardi mengajak para peserta dapat memahami manfaat dari program PTSL yang digagas oleh Kementrian ATR/BPN. 

Karena,  dengan didaftarkannya bidang tanah dapat memberikan kepastian hukum bagi tanah-tanah yang dimiliki masyarakat. 

"Selain itu, sertifikat tanah berguna untuk kenyamanan dan keamanan agar tidak diganggu oleh siapapun," jelasnya.

Oleh karena itu, menurut Anggota Baleg DPR RI itu program PTSL ini mesti di manfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat luas. 

Di samping itu, sosialisasi program strategis bidang pertanahan ini harus secara gencar dan masif dilakukan oleh jajaran Kementerian ATR/BPN dari pusat sampai ke daerah agar target pendaftaran tanah melalui PTSL dapat tercapai. 

"Mudah- mudahan niat baik yang dicanangkan dan diaktualisasikan dalam rangka sertifikasi tanah masyarakat ini berjalan secara mulus. Pada gilirannya diharapkan tidak ada satu pun tanah yang tidak tercatat sehingga mengurangi persoalan yang berkaitan dengan hukum," tegasnya.

"Kementrian ATR/BPN sebagai mitra dari Komisi II DPR RI akan kita dorong dan dukung untuk mencapai kinerja terbaik dan maksimal, termasuk dari segi anggaran," tandasnya.sinpo

Komentar: