Elektabilitas Tertinggi! IPN: Prabowo Unggul Diadu Sama Siapa Saja

Laporan: Wawan
Kamis, 28 April 2022 | 07:30 WIB
Menhan Prabowo Subianto mempunyai elektabiltas diatas 50 persen berdasar survei Indikator Publik Nasional (IPN)/Repro
Menhan Prabowo Subianto mempunyai elektabiltas diatas 50 persen berdasar survei Indikator Publik Nasional (IPN)/Repro

SinPo.id - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tingkat keterpilihan atau elektabilitas sebagai Calon Presiden (Capres) 2024 masih tidak terbendung jika merujuk hasil survei Indikator Publik Nasional (IPN).

Ketua Umum Partai Gerindra itu, bahkan elektabilitasmencapai lebih dari 50 persen jika disimulasikan head to head sejumlah tokoh yang potensial maju di Pilpres 2024.

"Prabowo berhadapan dengan Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, AHY (Agus Harimurti Yudhoyono), dan Puan Maharani maka elektabilitasnya berada di atas 50 persen," kata Peneliti Senior IPN Ike Sihotang dalam paparannya, Rabu (27/4/).

Pada simulasi IPN, Prabowo jika dihadapkan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan menang 54,1 persen dibandingkan 39 persen.

Begitu juga jika diadu dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Prabowo unggul 54,4 persen dan Anies di angka 34,7 persen.

Selanjutnya, Prabowo juga akan menang 58,9 persen jika dihadapkan dengan Ketua DPR RI Puan Maharani yang hanya dipilih 22,4 persen responden.

Survei dilakukan pada 17-27 Maret 2022 di 34 provinsi di Indonesia. Survei mengambil sampel sebesar 1.200 responden dengan teknik pengambilan sampel multistage random sampling.

Adapun toleransi kesalahan survei yang dipakai lebih kurang 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.sinpo

Komentar: