Wow..Elon Musk Resmi Beli Twitter Rp 634 Triliun

Laporan: Samsudin
Selasa, 26 April 2022 | 09:20 WIB
Elon Musk resmi membeli Twitter/AFP
Elon Musk resmi membeli Twitter/AFP

SinPo.id - Miliarder Elon Musk telah mencapai kesepakatan untuk mengakuisisi Twitter senilai sekitar $44 miliar atau sekitar Rp 634 triliun, Selasa (26/4), kata perusahaan itu. Setelah dibeli Elon, Twitter akan menjadi perusahaan privat, bukan lagi perusahaan publik yang melantai di bursa saham AS.

Para pemegang saham akan menerima 54,20 dollar AS (sekitar Rp 750.000) secara tunai untuk per saham Twitter yang mereka miliki. Angka tersebut sesuai dengan penawaran yang diajukan Musk dan merupakan 38 persen dari premi harga penutupan saham Twitter pada 1 April, hari perdagangan terakhir sebelum Musk mengungkap kepemilikan sahamnya di Twitter awal bulan lalu.

"Dewan Twitter melakukan proses yang bijaksana dan komprehensif untuk menilai pengajuan Elon yang berfokus pada nilai, kepastian, dan pembiayaan," kata Dewan Twitter, Bret Taylor, dirangkum dari NBC News.

"Transaksi yang diajukan akan memberikan premi tunai yang substansial dan kami percaya bahwa ini adalah jalan terbaik ke depan bagi pemegang saham Twitter," imbuhnya.

Sementara itu, Musk mengatakan bahwa Twitter memiliki potensi yang luar biasa. Dirinya berharap bisa bekerja sama dengan perusahaan barunya dan para pengguna Twitter.

"Kebebasan berbicara adalah pondasi fungsi demokrasi, Twitter adalah pusat kota digital, di mana hal-hal penting bagi masa depan umat manusia, diperdebatkan di sini," kata Musk yang terbilang sangat aktif di platform mikroblogging itu.

Pernyataan itu juga diunggahnya dalam akun Twitter pribadinya @elonmusk dalam sebuah tangkapan layar.

Musk sendiri, bagaimanapun, secara teratur memblokir pengguna media sosial yang telah mengkritik dia atau perusahaannya dan telah menggunakan platform untuk menggertak wartawan yang telah menulis artikel kritis tentang dia atau perusahaannya.

Dewan Twitter pada awalnya memberlakukan tindakan anti-pengambilalihan yang dikenal sebagai pil racun yang bisa membuat upaya pengambilalihan menjadi sangat mahal. Tetapi ketika Musk menguraikan komitmen keuangan, dia berbaris untuk mendukung tawarannya sebesar $ 46,5 miliar – dan tidak ada penawar lain yang muncul – dewan membuka negosiasi dengannya.sinpo

Komentar: