Menang Dramatis Lawan Lazio, AC Milan Kembali Ambil Alih Puncak Klasemen Serie A

Laporan: Ari Harahap
Senin, 25 April 2022 | 09:03 WIB
Penyerang AC Milan, Oliver Giroud/net
Penyerang AC Milan, Oliver Giroud/net

SinPo.id - AC Milan berhasil meraih poin penuh saat menghadapi Lazio dalam laga pekan ke-34 Serie A 2021-22 di Stadio Olimpico, Senin (25/4) dini hari WIB. I Rossoneri sukses meraih kemenangan secara dramatis pada laga itu.

Sebab, Milan sejatinya tertinggal lebih dahulu di babak pertama, namun mereka berhasil membalikkan keadaan untuk menang 2-1 berkat dua golnya di babak kedua.

Lazio unggul terlebih dahulu lewat gol Ciro Immobile di menit 4′, yang kemudian berhasil di samakan oleh AC Milan melalui gol Olivier Giroud menit ke-50′.

AC Milan memastikan kemenangan atas Lazio berkat gol tambahan Sandro Tonali di menit 90’+2′, akhir babak kedua.

Tambahan tiga poin itu membuat Milan kembali mengambil alih posisi pertama klasemen Liga Italia dengan 74 poin. Skuad asuhan Stefano Pioli itu unggul dua poin dari Inter Milan di bawahnya.

Kendati begitu, I Nerazzurri memiliki kesempatan untuk kembali mengambil alih posisi puncak klasemen sementara. Inter Milan masih memiliki satu laga tunda, kontra Bologna. Rencananya, laga tunda di laga itu akan digelar pada pertengahan pekan ini.

Jalannya pertandingan Tim tuan rumah langsung tancap gas begitu laga di Stadion Olimpico, Roma, resmi dimulai. Tekanan awal yang diberikan Lazio ini pun berhasil mengejutkan AC Milan. Laga baru berjalan empat menit, I Biancoceleste sudah mampu unggul lewat torehan Ciro Immobile. Penyerang Timnas Italia itu mampu memanfaatkan kelengahan lini belakang I Rossoneri dengan memanfaatkan umpan dari Serge Milinkovic-Savic.

Lazio mengawali laga ini dengan begitu baik. Namun, I Rossoneri tidak tinggal diam. Secara perlahan, tim besutan Stefano Pioli itu mulai menguasai permainan. Sejak pertengahan babak pertama, Milan terus memberikan tekanan kepada lini belakang I Biancoceleste.

Tim tuan rumah merespon gelombang serangan Milan itu dengan berupaya tampil solid di sektor pertahanan sambil sesekali mengancam via serangan balik cepat. I Rossoneri berupaya membongkar pertahanan Lazio via pergerakan Rarael Leao dan Junior Messias di sisi lapangan.

Pada sepanjang babak pertama, Milan tercatat melepaskan 12 tembakan, termasuk tiga tembakan tepat ke arah gawang. Namun, Lazio berhasil mempertahankan keunggulan hingga babak pertama usai.

Pada awal babak kedua, Milan akhirnya bisa menyamakan kedudukan. Sebuah serangan yang dibangun pada lima menit pertama babak kedua berbuah maksimal. Leao, yang menerima umpan lambung dari Theo Hernandez, berhasil mengirimkan umpan tarik ke mulut gawang Lazio. Umpan ini tidak disia-siakan oleh Olivier Giroud.

Eks penyerang Arsenal itu menyambar umpan tarik Leao tepat di depan mulut gawang Lazio. Gol ini kemudian memicu semangat para penggawa I Rossoneri untuk bisa berbalik unggul. Terlebih, I Rossoneri membutuhkan tiga poin untuk bisa mengambil alih puncak klasemen sementara Liga Italia. Situasi permainan pun tidak terlalu banyak berubah.

Milan terus menguasai laga dan mengepung pertahanan Lazio. Di sisi lain, I Biancoceleste memiliki sejumlah kesempatna via serangan balik. Pelatih Milan, Stefano Pioli, mencoba menyegarkan barisan pemain di lini serang. Zlatan Ibrahimovic masuk menggantikan Brahim Diaz pada menit ke-67. Pun dengan masuknya Ante Rebic, yang menggantikan Giroud.

AC Milan akhirnya berhasil berbalik unggul sekaligus mencetak gol kemenangan di laga ini. Kesalahan Adam Marusic dalam menghalau bola berujung pada gol kemenangan I Rossoneri. Sandro Tonalli tampil sebagai pahlawan kemenangan I Rossoneri di laga ini usai mencetak gol pada menit ke-92.

Gelandang asal Italia melepaskan sepakan keras dari tepi kotak penalti usai menerima umpan sundulan dari Ibrahimovic. Gol ini sekaligus menjadi gol terakhir di laga ini dan mengantarkan Milan membawa pulang tiga angka dari markas Lazio.

Susunan Pemain:

Lazio (4-3-3) Pelatih: Maurizio Sarri Kiper: Strakosha; Belakang: Lazzari, Acerbi, Patric, Radu; Tengah: Milinkovic-Savic, Leiva, Luis Alberto; Depan: Felipe Anderson, Immobile, Zaccagni.

AC Milan (4-2-3-1) Pelatih: Stefano Pioli Kiper: Maignan; Belakang: Calabria, Kalulu, Tomori, Theo Hernandez; Tengah: Tonali, Kessie; Messias, Brahim Diaz, Leao; Depan: Giroud.sinpo

Komentar: