Sempat Lepaskan Tembakan, KKB Bakar Rumah Warga Di Ilaga Papua

Laporan: Azhar Ferdian
Kamis, 07 April 2022 | 20:51 WIB
KKB Papua/Net
KKB Papua/Net

SinPo.id - Polda Papua mengklaim Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) membakar rumah warga di Kampung Kimak, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Selasa (5/4) lalu. Sebelum membakar, mereka disebut sempat menembakkan senjata laras pendek.

"Mereka membakar rumah milik warga berinisial YT yang berdekatan dengan PT Modern," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal dalam keterangannya, Kamis (7/4).

Kamal memastikan tak ada korban dalam peristiwa pembakaran tersebut, baik dari masyarakat maupun aparat keamanan. Ia menyebut situasi di Kabupaten Puncak sampai saat ini juga sudah kondusif usai pembakaran tersebut.

"Situasi di Kabupaten Puncak, aman kondusif, personel gabungan terus melakukan penjagaan untuk memastikan situasi aman," ujarnya.

Lebih lanjut, Kamal menyatakan pihaknya mengecam aksi yang dilakukan oleh KKB tersebut. Menurutnya tindakan mereka sangat meresahkan masyarakat yang ada di Kabupaten Puncak.

"Kehadiran TNI-Polri di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan rasa aman sehingga masyarakat dapat melakukan aktivitas dengan aman dan nyaman tanpa adanya rasa takut atau teror yang dilakukan oleh KKB," katanya.

Pada akhir Maret 2022, KKB juga melakukan aksi pembakaran gedung SD dan SMP di Distrik Hitadipa Kabupaten Intan Jaya, Papua. Aksi ini diduga dilakukan oleh kelompok Undius Kogoya dan Aibon Kogoya.sinpo

Komentar: