Survei IPO: Prabowo Subianto Menteri Dengan Kinerja Terbaik

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 28 Maret 2022 | 14:57 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto/net
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto/net

SinPo.id - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menjadi menteri dengan kinerja paling baik menurut Indonesia Political Opinion (IPO) dalam rilis hasil survei terbarunya.

Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah menjelaskan Survei bertajuk 'Dinamika Isu Sosial, Kemasyarakatan, dan Konstelasi Politik 2024' menempatkan Menteri Pertahanan menjadi yang teratas pilihan mayoritas responden.

"Prabowo Subianto dianggap sebagai menteri paling baik, teratas 81,3 persen," kata Dedi Kurnia Syah, dalam hasil rilis survei, Senin (28/3).

Selain Menteri Pertahanan, Menteri BUMN Erick Thohir juga dianggap publik sebagai sosok menteri dengan kinerja baik dengan 79,2 persen. Kemudian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dengan 74,6 persen.

Disusul oleh Menteri Sosial Tri Risma Maharini dengan 72,5 persen, kemudian Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dengan 63,8 persen.

Survei ini dilakukan pada tanggal 11-17 Maret 2022. Wawancara penelitian ini dilakukan melalui sambungan telepon kepada responden. Dengan merujuk data populasi sebanyak 196.420 yang dimiliki IPO sejak periode survei di tahun 2019 s.d 2021.

Dari total populasi tersebut terdapat 7.200 responden yang memungkinkan untuk menjadi responden hingga terambil secara acak sejumlah 1.220 responden yang dijadikan informan dalam penelitian periode ini.

Sementara itu, metode survei ini memiliki pengukuran kesalahan (margin of error) 2,9 persen dengan tingkat akurasi data 95 persen. Setting pengambilan sample menggunakan teknik multistage random sampling (MRS), atau pengambilan sampel bertingkat.sinpo

Komentar: