Pengamat: Pak Jokowi Tidak Usah 'Ngedumel', Pecat Saja Menteri Yang Suka Impor Itu!

Laporan: Wawan
Sabtu, 26 Maret 2022 | 09:04 WIB
Presiden Joko Widodo/Net
Presiden Joko Widodo/Net

SinPo.id - Presiden Joko Widodo untuk kesekian kali ngedumel (kesal, marah) di ruang publik soal anak buahnya di kabinet yang kerap pakai barang impor.

Terbaru kegeraman Jokowi ini disampaikan saat acara pengarahan Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia, di Bali, Jumat (25/3).

Presiden Jokowi sering mengampanyekan bangga buatan Indonesia, namun hal tersebut bertolak belakang dengan kinerja para pembantunya di kabinet yang menghabiskan uang negara dengan belanja produk impor.

"Presiden berulang kali mengatakan hal seperti itu. Sering katakan cintai produk-produk Indonesia dan jangan beli produk impor. Namun fakta di lapangan berbicara sebaliknya, banyak pejabat yang gunakan produk impor. Dan itu bukan rahasia umum lagi,” ujar pengamat politik Ujang Komaruddin,, Jumat (25/3).

Atas dasar kemarahan itu, Ujang meminta Presiden dua periode itu untuk menyebut secara gamblang nama menteri yang sering membelanjakan barang impor tersebut agar mendapatkan sanksi sosial di mata masyarakat.

"Jokowi mestinya tunjuk saja siapa anak buahnya tersebut yang gunakan produk-produk impor, agar malu dan jadi pelajaran. Jika hanya ngedumel dan tidak tunjuk hidung, maka persoalan yang sama akan terus berulang dan tak akan ada ujungnya,” ujarnya.

Direktur eksekutif Indonesia Political Review (IPR) itu mendesak Presiden Jokowi untuk memecat anak buahnya yang tidak sejalan dengan perintahnya.

"Jokowi mestinya mereshuffle menteri-menteri yang banyak mendatangkan produk-produk impor. Agar antara  perkataan selaras dengan kebijakan-kebijakannya,” pungkas Ujang yang juga Direktur eksekutif Indonesia Political Review (IPR).sinpo

Komentar: