Cak Imin Ketemuan Bareng Anggota KPU-Bawaslu Terpilih, Ada Apa Nih?

Laporan: Ari Harahap
Senin, 14 Maret 2022 | 08:48 WIB
Wakil Ketua DPR RI yang juga Ketum PKB Muhaimin Iskandar bersama para Anggota KPU-Bawaslu/SinPo.id
Wakil Ketua DPR RI yang juga Ketum PKB Muhaimin Iskandar bersama para Anggota KPU-Bawaslu/SinPo.id

SinPo.id - Tujuh anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan (Bawaslu) masa jabatan 2022-2027 yang baru terpilih melakukan pertemuan dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. 

Hal itu terungkap melalui unggahan foto Cak Imin di Instagram pribadinya. Dalam foto tersebut, pertemuan tersebut digelar di ruang kerja Cak Imin di Gedung DPR. 

Pertemuan itu sendiri tampak berlangsung tertutup. Cak Imin bersama anggota KPU dan Bawaslu terpilih tampak duduk sambil berbincang-bincang. 

Dalam keterangan unggahannya, Cak Imin menyebut dirinya kedatangan tamu penting. Dia mengatakan anggota KPU dan Bawaslu itu sebagai pengawal demokrasi yang fair dan akuntabel.

"Penting! Kedatangan tamu-tamu penting, pengawal demokrasi yang fair adil dan akuntabel. Para anggota KPU dan Bawaslu, ada yang kenal?," tulis Cak Imin dikutip SinPo.id, Senin (14/3).

Tujuh Komisioner KPU yang hadir yakni Betty Epsilon Idroos, Hasyim Asy'ari, Mochammad Afifudin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan August Mellaz. 

Sementara lima anggota Bawaslu yang juga hadir, Lolly Suhenty, Puadi, Rahmat Bagja, Totok Hariyono, dan Herwyn Jefler Hielsa Malonda.

Diketahui, DPR RI telah mengesahkan tujuh anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan lima anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) masa jabatan 2022-2027 dalam Rapat Paripurna DPR RI Ke-16.

Sebelum pengambilan keputusan, Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia menyampaikan laporan hasil fit and propers test atau uji kelayakan dan kepatutan terhadap 14 calon anggota KPU dan 10 calon anggota Bawaslu.

"Seluruh fraksi menyepakati bahwa proses pemilihan akan dilakukan melakui proses musyawarah dan mufakat," ujar Doli di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (18/2).

Doli juga memperkenalkan satu per satu calon anggota KPU dan Bawaslu terpilih dalam rapat paripurna tersebut. 

Ketua DPR RI Puan Maharani yang memimpin rapat mengambil keputusan terhadap laporan uji kelayakan dan kepatutan calon anggota KPU dan Bawaslu.

"Perkenankan kami menanyakan kepada sidang dewan terhormat apakah laporan Komisi II DPR RI terhadap hasil uji kelayakan atau fit and proper test calon anggota KPU dan calon anggota Bawaslu masa jabatan tahun 2022-2027 dapat disetujui?" ujar Puan.

"Setuju," jawab anggota dewan yang hadir.sinpo

Komentar: