Putra Daerah Sangat Berpotensi Jadi Kepala Otorita IKN

Laporan: Bayu Primanda
Minggu, 13 Februari 2022 | 09:24 WIB
Ilustrasi Ibukota Negara Nusantara (IKN)
Ilustrasi Ibukota Negara Nusantara (IKN)

SinPo.id -  Rencana pemerintah untuk memindahkan ibukota negara ke Kalimantan Timur mendapat sambutan baik. Proyek pembangunan Ibukota Negara Nusantra (IKN) itu merupakan upaya pemerataan pembangunan di Indonesia.

Mantan Gubernur Kalimatan Utara, Irianto Lambrie menuturkan bahwa putra daerah berpotensi jadi kepala otorita IKN.

Pasalnya, putra daerah punya pengalaman dan kemampuan untuk menyesuaikan kultur di Kaltim sejalan dengan IKN yang akan tetap menjunjung tinggi adat istiadat setempat.

Hal itu disampaikan Irianto dalam Webinar Nasional oleh Borneo Muda dengan tema “Mencari Pemimpin Ideal Otorita IKN Nusantara”, pada hari Sabtu (12/2).

"Putera daerah atau orang lokal Kalimantan sangat bisa dan berdaya saing tinggi untuk menjadi kepala otorita, karena sudah terbukti ada beberapa tokoh asli Kalimantan yang mampu menjadi tokoh level nasional bahkan internasional," kata Irianto.

Menurutnya, dengan menunjukkan kapabilitas atau prestasi, para putra daerah bakal mampu menumbuhkan kepercayaan pemerintah pusat dan masyarakat secara keseluruhan.

"Masyarakat Kalimantan dan Kaltim khususnya jangan khawatir dengan isu oligarki." ucap Irianto.

"Kaltim adalah daerah yang terbaik untuk dipilih sebagai wilayah Ibukota Negara karena masyarakatnya yang sudah plural dan bisa menerima perbedaan." tegasnya.



sinpo

Komentar: