Restu Megawati Di Pilpres 2024 Untuk Siapa? Prabowo-Puan Atau Prabowo-Jokowi?

Laporan: Ari Harahap
Jumat, 21 Januari 2022 | 11:29 WIB
Puan Maharani, Megawati dan Prabowo/net
Puan Maharani, Megawati dan Prabowo/net

SinPo.id - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dinilai akan lebih merestui duet antara Prabowo Subianto dan Puan Maharani dibanding dengan Joko Widodo (Jokowi). 

Peluang duet Prabowo dan Jokowi diusung oleh PDI Perjuangan akan sangat kecil karena PDI Perjuangan sudah menyiapkan Puan untuk Pilpres 2024. 

Demikian disampaikan pengamat komunikasi politik MJamiluddin Ritonga kepada SinPo.id, Jumat (21/1). 

"Tentu akan sulit mengusung duet Prabowo-Jokowi. Bagi PDI Perjuangan, khususnya Megawati Soekarnoputri, Puan akan didahulukan daripada Jokowi," ujar Jamiluddin. 

Menurutnya, rumor duet tersebut tidak akan mengganggu hubungan PDI Perjuangan dan Partai Gerindra khususnya hubungan antara Megawati dan Prabowo. 

"Hubungan kedua ketua umum itu justru akan semakin mesra dan solid dalam menduetkan Prabowo-Puan," katanya. 

Akademisi Universitas Esa Unggul itu menilai Megawati tampaknya akan tetap mendahulukan putrinya, Puan agar kesinambungan keturunan Soekarno tetap berlangsung. 

Lebih lanjut, Dia mengungkapkan, dengan majunya Puan berpasangan dengan Prabowo, maka klan Soekarno akan tetap eksis di kancah nasional dan internal PDI Perjuangan. 

"Momentum itu hanya pada tahun 2024. Lewat dari tahun tersebut,  trah Soekarno akan kehilangan momentum," tegasnya. 

Menurutnya, bila hal itu terjadi, pengaruh keturunan Soekarno di level nasional akan meredup. Bahkan, Dia menyebut dominasi trah Soekarno di PDI Perjuangan bisa saja digeser oleh faksi lain yang juga menginginkan hal itu. 

"Jadi, Megawati tampaknya akan berupaya sekuat tenaga untuk memajukan Puan dalam konstestasi Pilpres 2024. Karena itu, kader PDIP lainnya, termasuk Jokowi, akan dikesampingkan oleh Megawati," jelasnya. 

Di sisi lain, mantan Dekan Fikom IISIP itu memaparkan Prabowo dengan Gerindra tidak akan keberatan bila PDI Perjuangan ternyata menyodorkan Puan untuk mendampingi Prabowo di Pilpres 2024. 

"Duet Prabowo-Puan tampaknya akan menjadi kenyataan pada Pilpres 2024," tandasnya.sinpo

Komentar: