Airlangga Tegaskan KUR 3 Persen Masih Disubsidi Pemerintah

Laporan: Azhar Ferdian
Selasa, 18 Januari 2022 | 23:41 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto/Net
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto/Net

SinPo.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa masih banyak masyarakat belum mengetahui bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) mendapat subsidi dari pemerintah. Subisidi itu untuk meringankan masyarakat, khususnya pelaku usaha kecil.

"Bunga KUR ditetapkan 6 persen, namun setengahnya telah ditanggung atau disubsidi oleh pemerintah. Tidak semua masyarakat tahu bahwa kredit KUR itu 6 persen dan pemerintah mensubsidi 3 persen lagi," ujar Airlangga di Jakarta, Senin(18/1). 

Airlangga melanjutkan, tahun ini pemerintah telah memutuskan untuk meningkatkan plafon KUR menjadi sebesar Rp373,17 triliun dengan suku bunga tetap sebesar 6 persen. 

"Dengan mempertimbangkan tren penurunan cost of fund dan peningkatan efisiensi Over Head Cost (OHC) suku bunga KUR, maka pemerintah juga menurunkan subsidi bunga KUR tahun 2022 untuk KUR Super Mikro sebesar 1%, KUR Mikro turun 0,5 persen, dan KUR PMI turun 0,5 persen," ungkapnya. 

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mencatat realisasi penyaluran KUR baru mencapai Rp6,02 triliun hingga per 17 Januari 2022. Jumlah itu diberikan kepada 170 ribu debitur KUR UMKM.sinpo

Komentar: