Maaf! Wajah Mas Kaesang Gak Sengaja Ada Di Penerbangan Garuda, Sudah Ditarik Ya

Laporan: Samsudin
Senin, 17 Januari 2022 | 19:39 WIB
Kaesang Pangarep/net
Kaesang Pangarep/net

SinPo.id - Foto snack TRICKS dengan kemasan wajah Kaesang viral berada dalam paket makanan penerbangan maskapai pelat merah, Garuda Indonesia. Mengantisipai polemik berkepanjangan, pihak Garuda Indonesia pun memastikan sudah menarik snack tersebut.

"Sudah kita tarik. Kami minta TRICKS untuk ganti dengan kemasan polos," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, Senin 917/1).

Irfan menjelaskan, langkah tersebut dilakukan untuk menghindari konflik yang terjadi. Dia memastikan masuknya snack dengan kemasan bergambar Kaesang tersebut merupakan ketidak sengajaan. 

Tanggapan DPR

Viralnya snack berwajah putra Presiden Jokowi itu turut dikomentari legislator senayan. Anggota Komisi VI DPR Andre Rosiade mengapresiasi keputusan Dirut Garuda yang menarik snack itu.

"Langkah Dirut Garuda untuk menarik edaran Tricks di Garuda itu langkah tepat untuk mengganti kemasan, untuk mengurangi pro dan kontra," kata Andre, Senin (17/1).

"Sebenarnya, kemungkinan besar Tricks itu membantu Garuda untuk memenuhi kebutuhan snack penumpang. Itu yang perlu publik ketahui. Jadi coba lihat langkah positifnya," kata Andre Rosiade.

Pimpinan Komisi VI DPR RI Martin Manurung menyebut hal itu tak masalah jika pengadaannya sesuai aturan.

"Itu urusan dagang ajalah, ngapain dibesar-besarin. Asal pengadaannya sesuai aturan sih sebenarnya nggak ada yang salah," kata Martin Manurung.

Perihal snack dengan ilustrasi Kaesang ini ramai di media sosial, Martin mengatakan publik masih sayang kepada Garuda. Hal itu disebut sebagai masukan untuk Garuda Indonesia.

"Media sosial ya, silakan saja, itu kan bagian dari masukan publik kepada Garuda. Artinya, banyak yang sayang sama Garuda," ujar Martin.

Penjelasan Pemasok

PT Jaya Swarasa Agung Tbk atau Tays Bakers (TAYS) dalam keterangan tertulis, Senin (17/1) buka suara. TAYS diketahui baru saja meluncurkan kemasan baru produk makanan ringan TRICKS yang menampilkan ilustrasi wajah Kaesang Pangarep sebagai bagian dari kerja sama co-branding dengan PT. Harapan Bangsa Kita (GK Hebat).

"Kemasan baru ini ditujukan untuk memperkenalkan Tays Bakers di pasar ritel, mengingat sosok Kaesang Pangarep yang dekat dengan UMKM Indonesia," kata CEO Tays Bakers, Alexander Anwar.

Alexander mengatakan Tays Bakers sebelumnya juga telah telah menjalin kerja sama dengan PT Aerofood Indonesia (Aerofood ACS) selama satu tahun terakhir.

Tays Bakers menyediakan produk TRICKS kepada Aerofood ACS untuk keperluan distribusi di berbagai maskapai penerbangan yang menggunakan jasa Aerofood ACS.

Adapun untuk pendistribusian di maskapai, kini akan digunakan produk TRICKS dengan kemasan standar tanpa ilustrasi endorser.

"Kami akan menukar semua produk TRICKS pada Aerofood ACS dengan kemasan standar," ujar Alex.sinpo

Komentar: