Final Piala Super Spanyol! Real Madrid Vs Juara Bertahan Athletic Bilbao

Laporan: Samsudin
Minggu, 16 Januari 2022 | 09:15 WIB
Penyerang Real Madrid, Karim Benzema (tengah)/net
Penyerang Real Madrid, Karim Benzema (tengah)/net

SinPo.id - Raksasa Spanyol, Real Madrid mulai berburu gelar juara perdana di tahun 2022 ini. syaratnya, Real Madrid harus mampu membungkam juara bertahan Athletic Bilbao pada final Super Spanyol, yang akan berlangsung di King Fahd International Stadium, Riyadh, Arab Saudi, Minggu (16/1) waktu setempat atau Senin (17/1) dinihari WIB.

Ini adalah final kedua beruntun bagi Athletic di Piala Super Spanyol. Pada musim lalu, Los Leones keluar sebagai juara setelah membekuk Barcelona 3-2. Sebelum menapaki babak final Piala Super Spanyol edisi ke-38, kedua tim harus melewati pertandingan semifinal yang sulit dan melelahkan.

Los Blancos - julukan Real Madrid, lebih dulu melangkah ke final seusai mengalahkan Barcelona dalam laga semifinal di King Fahd International Stadium Riyadh, Arab Saudi, Kamis (13/1) dini hari WIB. Los Blancos mengalahkan Barca 3-2 dalam duel ketat yang berlangsung hingga babak perpanjangan waktu. Tiga gol pasukan Carlo Ancelotti hadir melalui aksi Vinicius Junior (25'), Karim Benzema (72'), dan Federico Valverde (98').

Sementara, Los Leones - julukan Athletic Bilbao yang merupakan juara bertahan Piala Super Spanyo, berhasil mengalahkan Atletico Madrid 2-1 dalam waktu 90 menit.

Pada laga semifinal ini, Athletic Bilbao, tertinggal lebih dulu menyusul gol bunuh diri yang dibuat Unai Simon pada menit ke-62. ATM kemudian terkena comeback usai Athletic mencetak dua gol balasan yang berawal dari skema sepak pojok.

Adalah gol Yery Alvarez (77') dan Nico Williams (81') yang mengantarkan Athletic ke final Piala Super Spanyol. Laga ini sendiri diwarnai dengan kartu merah bek Atletico Madrid, Jose Gimenez, yang melanggar Inigo Martinez pada injury time babak kedua.

Real Madrid dan Athletic Bilbao sendiri sudah bertemu dua kali di La Liga pada musim ini, dan Madrid selalu keluar sebagai pemenang. Los Blancos menang 1-0 di Santiago Bernabeu dan 2-1 di San Mames.

Tim asuhan Carlo Ancelotti kini menguasai posisi puncak klasemen sementara La Liga, dengan mengoleksi 49 poin dari 21 pertandingan. Los Blancos unggul lima poin dari Sevilla yang berada di posisi kedua.

Sedangkan Athletic Bilbao yang diasuh pelatih Marcelino Garcia Toral, duduk di posisi kesembilan dengan mengoleksi 28 poin dari 21 pertandingan.

Namun, seperti yang sudah disebutkan, Los Leones menang atas Los Blancos di Super Spanyol Piala musim lalu. Kondisi ini tentunya akan menambah ketat tingkat persaingan pada babak final.

Real Madrid melakukan perjalanan ke Arab Saudi tanpa Mariano Diaz dan Gareth Bale karena cedera hamstring dan punggung. Sementara, David Alaba absen di semifinal karena masalah hamstring. Kondisi ini memaksa Ancelotti akan menahan godaan untuk mengubah lini tengahnya.

Adapun di kubu Athletic Bilbao, Unai Nunez, Unai Vencedor, Ander Capa dan Asier Villalibre semuanya harus absen karena mengalami cedera. Marcelino Garcia Toral nampaknya mengoptimalkan Mikel Vesga, Raul Garcia, Nico Williams dan Yuri Berchiche, sebagai pemain pengganti.

Prakiraan Susunan Pemain:
 

Real Madrid (4-3-3): Courtois; Vazquez, Militao, Nacho, Mendy; Modric, Casemiro, Kroos; Rodrygo, Benzema, Vinicius.
Pelatih: Carlo Anceloti.

Athletic Bilbao (4-4-2): ?Simon; De Marcos, Yeray, Martinez, Balenziaga; Berenguer, Vesga, Garcia, Muniain; Sancet, Williams.
Pelatih: Marcelino Garcia Toral.sinpo

Komentar: