Kenapah Tahon Baroe djadi Tahon Baroe.
SinPo.id - Kita pertjaja bahoea hari Tahon Ba- toe djadi Tahon Baroe boekan lantaran ll°e hari ada hari jang pertama sasoe- danja bola boemi djalan poeterin ma- tahari satoe poeteran, kerna djika demikian saban hari ada sama sadja de- ngen hari Tahon Baroe. Apa poela Tahon Baroe Imlek, kerna menoeroet toengan Imlek, dari satoe Tahon Baroe sampe cli laen Tahon Baroe, bola boe- ?i belon memoeterin matahari tjoekoep satoe poeteran betoel kadang-kadang lebih seperti waktoe ada boelan Loen.
Hari Tahon Baroe didjadiken Tahon Baroe kita liat lantaran itoe hari ada hari jang pertama dari Tjia gwee dan tjia-gwee. ada boelan jang pertama dari satoe taon. Tapi kenapa Tjia-gwee soeda didjadiken boelan pertama ? Kita kira ini ada berhoeboeng sama moesim Jjhoen?atawa moesim semi. Dalem ini moesim segala poehoen dan roemPoet, jang soeda dibikin rontok dan kering oleh moesim Tong jang dingin, moelai toemboe dan bersemi kombali. Waktoenja segala tetoemboean idoep kombali tentoe sadja- ada lebih tjotjok boeat didjadiken moesim pertama, dan l'jia-gwee jang didjadiken moesim pertama?dan. Tjia-gwee jang djadi boelan pertama dari itoe moesim Tjhoen didjadiken büeian kepala.
Di Tiongkok di tiap-tiap Imlek Tjia- gwee memang ada itoe perasahan berjiwania poela segala tetoemboean jang neriasin moekanja boemi, dan orang bisa rasaken datengnja pemandangan jang menandaken kita-orang ada menoedjoe pada kemakmoeran Natuur, Bergantinja moesim dan toekarnja tahon ada dikasi tanda-tandanja oleh romannja alam jang keliatan di sakiternja kita. Sendirinja orang bisa rasaken jang Tjia-gwee pantes djadi boelan jang pertama dan Tjia-gwee Tje-it sateroesnja djadi hari Tahon Baroe. Omar Khayyam pernah toelis seperti brikoet dalem ia poenja Ruba’iyat j^ng terkenal :
Now the New Year reviving old desires, The thoughtful Soul to solitude retires, Where the white hand of Moses on the bough, Puts out, and Jezus from the ground suspires. (Menoeroet salinan dari Fitzgerald.)
Di sini kita bisa liat bahoea, seperti moesim Tjhoen djoega di Tiongkok, Tahon Baroe di Perzie ada dikasi tan- da dengen berbangkitnja poela kainda- han Natuur jang keliatan di tjabang- tjabang poehoen dan moeka boemi, dan itoe pemandangan ada memba- ngoenken perasahan igama. Tegesnja adalah itoe perasahan-perasahan berbangkitnja poela kaindahan Natuur, dan ditoekernja moesim dingin dengen moesim semi jang timboelin perasahan gantinja tahon.
Di Hindia tidak ada itoe ampat moesim, Kita tida dapet liat moesim Tjhioe jang membasmi kamakmoeran^ nja tetoemboean saolah-olah mempe- ringetin jang tahon soeda deket pada achirnja. Kita tida dapet liat moesim Tong toetoepin moeka boemi dengen saldjoe atawa emboen ijs dan bikih kering dan la joe batang-batangnja pa- poehoenan saolah-olah memperingetin bahoea tahon soeda sampe pada bagian jang pengabisannja. Sateroesnja kita tida dapet liat moesim Tjhoen dateng bangoenin poela alam jang tidoer njenjak saolah-olah memperingetin bahoea moesim Tong jang bengis soeda maboer bersama tahon jang toea. Kita di sini poenja perasahan tentang -antinja tahon malaenken ada dioen- djoek oleh almanak dan teroetama oleh perajahan di hari Tahon Baroe.
Tapi kenapa hari Tahon Baroe djatii Tahon Baroe, kita liat dari lantaran ada itoe perasahan Tahon Baroe. Soeda tentoe teroetama antara kita orang di Hindia itoe perasahan sebagian besar soeda sengadja dibikin atawa ditimboe- lin. Tapi zonder ada itoe perasahan boleh dikata tida ada Tahon Baroe. Tanggal boelan sadja tida tjoekoep Betoel ada orang-orang jang membilang: „Ini tahon akoe tida merasaken Tahon Baroe,n tapi ini djoestroe ada djadi satoe pengakoean bahoea di tahon-tahon jang laen marika ada rasaken Tahon Baroe dan Tahon Baroe ada perasahannja
Maski tanggal boelan mengoendjoek Tahon Baroe djika tida ada itoe perasahan, orang tida rasaken itoe hari seperti Tahon Baroe. Kenapa Tahon Baroe Vanglek?maski ada Tahon Baroe officieel, tapi sekarang keliatan lida bagitoe di- oetamaken, tida laen lantaran tida ada tjoekoep itoe perasahan.
Di sini kita poenja perasahan itoe dikasi bangoen oleh kabiasahan-kabiasa- han. Sabelonnja dateng Tahon Baroe, sasoeatoe podjok dalem roemah dan segala prabot soeda dibresihin. Dari anak ketjil sampe di orang toea sedikitnja ada diomongken perkara bikin pakean baroe. Roepa-roepa koewe dan manisan siang-siang disediaken. Kamoedian dateng kewadjiban bikin semba- jang-sembajang. Sembajang pada le- loehoer, sembajang pada Thie-kong dan sembajang pada Twa pekong. Ten- tang berkramas clan tjia-tjay poen ada perkara jang banjak djoega dilakoeken berhoeboeng dengen sembajang. Orang jang tinggal di Betawi dapet teg.oran djoega dari Pasar Malem. Djadi sabelonnja Tahon Baroe dateng, perasahan nja soeda lebih doeloe "dibikin perse- diahan-persediahan boeat Tahon Baroe, dan itoe semoea soecla djadi kebiasahan jang soeda berdjalan setaoe dari kapan.
Kamoedian dateng itoe hari jang pengabisan dari tahon jang lama. Orang lantas iboek lakoeken oepatjara-oepa- tjara. I)i malem jang pengabisan jaitoe maleman Tahon Baroe, orang dapet liat kebinalan dan kagirangannja anak- anak dan kasedihannja orang-orang toea jang saolah-olah merasa berat boeat berpisah dengen tahon jang lama. Di itoe malem djoega orang sering bergadang seperti djoega ingin djadi orang jang paling doeloe nienjam- boet kadatengannja itoe Tahon Baroe. Kita tida oesa seboet soeara dan baoenja petasan, rioehnja segala tetaboean di straat jang boleh dikata poenja soeka katjoeali sasoenggoenja merdoe, wara-wirinja orang jang membri slamet, etc. etc., Tidakah ini semoea soeda timboelin itoe perasahan Tahon Baroe ?
Demikianlah, Tahon Baroe djadi Tahon Baroe lantaran ada itoe perasaha' Tahon 15aroe, dan ini perasahan Tahoi Baroe, soeda timboel lantaran ada it?1 segala oepatjara. Djadi jang dinamaken Tahon IJaroe boekan tanggal boelan sadja hanja bri koet segala oepatjaranja. Djika ada ? segala oepatjara brangkali segala hart teroetama bagi kita orang di sini, bold1 didjadiken. hari Tahon Baroe. Kakek lannja Tahon Baroe Imlek ada dalen1, ini segala oepatjara. Ini segala oepatjara linjap, Tahon Baroe Imlek sendirinj3' nanti tida clirajaken clan dirasaken seper1'1 Tahon Baroe, sebaliknja, sabagitoe ini segala oepatjara masi berdjalan, Tahon Baroe Imlek bakal teroes djadi Tahon Baroe jang teroetama sekalipoen boekan jang officieel. Tapi ini segala oepatjara boekan tjoema perboeatan-perboea- tan bikinan jaag boleh dalem segala waktoe dilakoeken atawa tida. hanja ada ke- biasaban-kebiasahan jang soeda bera* kar dalem clan dalem itoe ada terboengkoes perkara kapertjajahan clan igama
C.