Kemenag-Kementerian Haji Arab Saudi Bahas Teknis Pelaksanaan Umrah 2022

Laporan: Ari Harahap
Selasa, 30 November 2021 | 12:04 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas/ist
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas/ist

SinPo.id - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan pihaknya terus melakukan koordinasi dan penyiapan skema keberangkatan dengan melibatkan Kementerian atau Lembaga lain dan Asosiasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah untuk proses persiapan pelaksanaan umrah tahun 1443 H.

"Termasuk koordinasi dengan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi untuk memfinalkan teknis operasional penyelenggaraan ibadah umrah," ujar Yaqut dalam Rapat Kerja Kemenag bersama Komisi VIII DPR di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (30/11).

Yaqut menjelaskan hal tersebut menyangkut kesiapan Indonesia memberangkatkan jamaah umrah, skenario keberangkatan jamaah, prosedur apply visa umrah serta pemaketan layanan bagi jamaah umrah.

Selain itu, Kemenag juga terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan Satgas covid-19  untuk pemantauan  perkembangan vaksinasi bagi jamaah umrah.

"Upaya pengintegrasian Sistem Komputerisasi Terpadu Umrah dan Haji Khusus (Siskopatuh) Kemenag dengan aplikasi Pedulilindungi Kemenkes terkait akses data QR Code sertifikat vaksin covid-19," kata Yaqut.

Kemenag juga telah menyiapkan asrama haji Pondok Gede sebagai tempat pelaksanaan skema One Gate Policy pada penyelenggaraan umrah kali ini.

Asrama haji Pondok Gede dipilih karena menurut Yaqut memiliki fasilitas akomodasi yang memadai serta fasilitas kesehatan yang cukup baik.

"Sehingga dapat digunakan sebagai tempat screening kesehatan dan proses karantina jamaah umrah sebelum diberangkatkan ke Arab Saudi," tutup Yaqut.sinpo

Komentar: