Satgas Nemangkawai Bekuk DPO Komandan KKB Yahukimo, Berikut Deretan Kasusnya

Laporan: Samsudin
Minggu, 28 November 2021 | 16:56 WIB
Satgas Nemangkawai bekuk Temianus Magayang, DPO yang terlibat sejumlah kasus pembunuhan/rri
Satgas Nemangkawai bekuk Temianus Magayang, DPO yang terlibat sejumlah kasus pembunuhan/rri

SinPo.id - Setelah sempat masuk daftar pencarian orang (DPO), Temianus Magayang, Salah satu pimpinan kelompok kriminal bersenjata (KKB) Kodap XVI Wilayah Yahukimo Papua yang sempat masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Temianus Magayang, akhirnya berhasil dibekuk Satgas Nemangkawi, di Distrik Dekai, sekisar pukul 11.40 WIT, Sabtu (27/11).

Ia terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas di bagian lutut dan pergelangan kaki kiri karena berusaha melawan petugas. Selanjutnya, Demius pun dilarikan ke RSUD Dekai untuk mendapatkan perawatan medis.

Penangkapan Temianus Magayang dibenarkan Polda Paua. Menurut Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, Temianus Magayang ditangkap di seputaran PT Indopapua Jalan Gunung Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo.

“Personel gabungan Satgas Nemangkawi dan Polres Yahukimo berhasil melakukan penangkapan terhadap DPO Komandan Operasi KKB Kodap XVI Wilayah Yahukimo atas nama Demius Magayang alias Temius Magayang," ungkap Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, Minggu (28/11).

Dalam penangkapan ini, aparat menyita barang bukti senjata api pendek rakitan; lalu delapan butir amunisi, terdiri dari kaliber 5,56 tujuh butir dan kaliber 7,62 satu butir, pisau dan ponsel. Adapun Temianus Magayang, atau dikenal juga dengan Demius Magayang, dimasukkan DPO lantaran dianggap terlibat dalam sejumlah aksi kejahatan di Yahukimo.

Kamal menjelaskan, penangkapan itu bermula saat tim gabungan Polres Yahukimo, dan Satgas Nemangkawi telah mengetahui keberadaan Demius Magayang.

Aparat keamanan pun berpura-pura menjadi warga biasa yang mengendarai mobil truk, tetapi tengah mogok di tengah jalan, tepatnya di sekitar PT Indopapua Jalan Gunung Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo.

Kemudian, tak berapa lama, lanjut Kamal, petugas melihat mobil Hilux yang ditumpangi oleh Demius Magayang melintas di lokasi tersebut.

"Tim langsung melakukan penangkapan," jelas Kamal dikutip dari rri, Minggu (28/11).

Selanjutnya, kata Kamal, setelah  mengamankan pelaku dan barang bukti, aparat melakukan penyelidikan dan penyidikan.

“Kasus tersebut dalam penanganan Satuan Reskrim Polres Yahukimo di-back up Satgas Nemangkawi," kata Kamal.

Demius Magayang alias Temius Magayang merupakan Komandan Operasi KKB Kodap XVI Wilayah Yahukimo, sekaligus menjadi DPO dalam rentetan kasus pembunuhan di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo.

"Salah satunya adalah penganiayaan berat terhadap staf KPUD Yahukimo bernama Henry Jovinski. Kemudian, pembunuhan terhadap Muhamad Toyib di Jalan Bandara pada tanggal 18 Mei 2021. Lalu, pembunuhan dua anggota Satgas Pamrahwan 432/SWJ di ujung Bandara Nop Goliat Dekai," demikian Kamal.sinpo

Komentar: