Perahu Tenggelam, 27 Imigran Ditemukan Tewas Di Perairan Prancis-Inggris

  • Laporan:

SinPo.id - Insiden perahu imigran tenggelam di perairan Prancis-Inggris pada Kamis (25/11) waktu setempat menyebabkan sedikitnya 27 orang tewas tenggelam. Kapal yang berangkat dari Dunkirk timur Calais ini membawa sekitar 50 orang.

Sebelumnya Prancis menyebutkan ada 31 korban tewas dalam kejadian yang disebut sebagai bencana paling mematikan sejak jalur laut mulai digunakan secara luas pada 2018 lalu.

Kementerian Dalam Negeri Prancis mengatakan kejadian ini diketahui setelah seorang nelayan membunyikan alarm. Dan operasi penyelamatan gabungan Prancis-Inggris diluncurkan kemudian, yang melibatkan setidaknya tiga perahu dan tiga helikopter.

Darmanin mengatakan polisi Prancis telah menangkap empat orang yang diduga terkait dengan tenggelamnya kapal tersebut. Dua korban lain yang berada di rumah sakit saat ini kondisinya kritis dan belum diketahui identitasnya.

Surat kabar Times yang berbasis di London mengatakan salah satu korban tewas adalah seorang tentara Afghanistan yang telah bekerja dengan angkatan bersenjata Inggris. Ia dan keluarganya memutuskan untuk mengambil risiko menyeberang karena mereka lelah menunggu bantuan dari Inggris.

Perdana Menteri Prancis Jean Castex menyebut tenggelamnya kapal itu sebagai "tragedi". Ia pun menyampaikan duka cita untuk para korban dan keluarganya.

"Pikiran saya dengan banyak orang hilang dan terluka, korban penyelundup kriminal yang mengeksploitasi kesusahan dan kesengsaraan mereka," tulisnya dalam tweet.

Sementara Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan dia "terkejut dan sangat terkejut" dengan kematian itu dan meminta Prancis untuk berbuat lebih banyak dalam mencegah orang mencoba menyeberang. Geng perdagangan manusia “secara harfiah lolos dari pembunuhan”, kata Johnson.

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar