SMRC: PDIP Bakal Mencalonkan Puan Di Pilpres 2024? Tunggu 2 Tahun Lagi

Laporan: Farez
Sabtu, 06 November 2021 | 10:51 WIB
Puan Maharani/Net
Puan Maharani/Net

SinPo.id - Peluang Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani akan dicalonkan pada perhelatan Pilpres 2024 cukup kuat. Hal itu setidaknya ditandai dengan pergerakan PDIP mempersiapkan sang puteri mahkota akan didapuk untuk kandidat Capres di Pemilu mendatang.

Demikian disampaikan Direktur Eksekutif SMRC Saiful Mujani seperti dikutip dari postingan akun Twitter pribadinya @Saiful_Mujani beberapa saat lalu, Sabtu siang (6/11).

"Apakah PDIP akan mencalonkan Puan untuk jadi Presiden? sejauh ini Puan terlihat udah sosialisasi masif," kata Saiful Mujani.

Namun demikian, terkait peluang Puan Maharani bakal moncer di Pilpres 2024 atau justru sebaliknya, tergantung daripada upaya partai banteng moncong putih itu mendongkrak elektabilitas Puan Maharani. Pasalnya, menuju Pemilu 2024 terhitung masih ada waktu sekitar dua tahun lagi.

"Kalau hasilnya menunjukan Puan berpeluang cukup bagus untuk menang, mungkin ia akan menjadi calon. Tunggu sekitar 2 tahun lagi," ujarnya.

Bagaimana elite partai tahu peluang baik itu? biasanya mereka melihat hasil survei. Kalau melihat hasil survey kelima petinggi partai yang ada saat ini, tegasnya, Prabowo paling atas.

“Diikuti oleh AHY. Sementara Puan, Airlangga dan Muhaimin jauh di bawah kedua nama itu,” tegasnya.

PDI Perjuangan sejauh ini adalah satu-satunya parpol yang bisa mencalonkan capres-cawapres tanpa harus berkoalisi. Mengingat, ambang batas parlemen dan ambang batas presiden sudah memenuhi syarat.

"Yang bisa mencalonkan pasangan hanya partai politik atau koalisi partai politik hasil Pemilu 2019 yang mendapat kursi 20% di DPR atau 25 % suara pemilih nasional. yang memenuhi syarat itu hanya PDIP. Partai-partai lain harus koalisi," demikian Saiful Mujani.sinpo

Komentar: