Jujur Banget! Cleaning Service Temukan Cek Rp 35,9 M Lalu Diserahkan Ke Petugas

Laporan: Samsudin
Sabtu, 30 Oktober 2021 | 17:28 WIB
Staf cleaning service bandara Soetta, Halimah menyerahkan dompet yang ditemukan ke petugas/Net
Staf cleaning service bandara Soetta, Halimah menyerahkan dompet yang ditemukan ke petugas/Net

SinPo.id - Kisah orang jujur saat-saat ini sudah sangat jarang ditemukan di kehidupan sehari-hari. Kalaupun ada, hanya segilintir saja. Seperti halnya staf cleaning service Bandara Soekarno Hatta (Soetta) bernama Halimah ini. Dia adalah contoh segelintir orang jujur itu.

Ya, Halimah yang bekerja sebagai petugas kebersihan di terminal 2 Bandara Soekarno Hatta mendadak viral saat ia menemukan dompet berisi cek senilai Rp 35,9 miliar. Seandainya Halimah tidak jujur, bukan tidak mungkin temuan dompet ia simpan.

Tapi Halimah tidak memilih cara pragmatis. Ia memilih menyerahkan dompet berwarna cokelat yang diduga milik calon penumpang di area Central Corridor Depature Terminal 2E Bandara Soekarno-Hatta ke petugas tanpa memeriksa isinya.

Saat diperiksa petugas Avsec, dompet tersebut berisi empat buah buku tabungan berbagai bank, sebuah paspor, dan dua lembar cek senilai Rp 35,5 miliar. “Besar atau kecil nilai barang, selama itu bukan milik kami, maka sudah jadi kewajiban bagi petugas di lapangan untuk melaporkannya,” kata Halimah.

Kejujuran Halimah mendapat acungan jempol dari Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin. Ia mengungkapkan pihaknya sangat berterima kasih kepada Halimah, yang menemukan barang milik penumpang pesawat di Terminal 2 lalu menyerahkan ke personel Aviation Security.

Dia mengungkapkan, Halimah telah menunjukkan penerapan nilai-nilai utama (core values) SDM AP II dalam bekerja sesuai arahan Menteri BUMN Erick Thohir, yakni mempraktikkan nilai Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif atau dikenal dengan AKHLAK.

"Kami bangga Bandara Soekarno-Hatta memiliki Ibu Halimah yang mengutamakan akhlak dalam menjalankan pekerjaannya," kata dia.

Awaluddin mengungkapkan AP II Group juga memberikan penghargaan kepada Halimah, yakni berupa promosi jabatan dari Team Leader menjadi Supervisor Cleaning Service di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta. Sebagai rasa terima kasih, AP II Group juga memberikan sejumlah apresiasi bagi Halimah.

"Dengan AKHLAK, pedoman dasar dan nilai-nilai personal setiap karyawan dapat semakin kuat dalam menjalani tugas di AP II sebagai pengelola bandara termasuk Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Tanah Air, serta pintu utama Indonesia," jelas dia.

BERITALAINNYA
BERITATERKINI