Pfizer Klaim Vaksin Buatannya Lebih Efektif Bagi Anak 5-11 Tahun

Laporan: Samsudin
Sabtu, 23 Oktober 2021 | 13:46 WIB
Pfizer Kelaim Vaksin Buatannya Lebih Efektif/Net
Pfizer Kelaim Vaksin Buatannya Lebih Efektif/Net

SinPo.id - Pfizer dan mitranya BioNTech mengatakan bahwa vaksin COVID-19 produksi mereka aman dan 90,7 persen efektif melawan COVID-19 bergejala pada anak-anak usia 5 hingga 11 tahun.

Kedua perusahaan mengungkap data tersebut dalam dokumen yang diunggah pada Jumat (22/10) menjelang pertemuan penasihat Badan Pengawas Obat dan Makanan (Food and Drug Administration/FDA) Amerika Serikat (AS) yang dijadwalkan berlangsung Selasa (26/10) pekan depan.

Melansir kantor berita Xinhua News, Sabtu (23/10), Pfizer dan BioNTech mengajukan permohonan otorisasi penggunaan darurat (emergency use authorization/EUA) FDA untuk program dua dosis pada dosis 10 mikrogram mereka bagi anak-anak usia 5 hingga 11 tahun. Kedua dosis itu diberikan dengan jeda tiga pekan.

Data menunjukkan bahwa rangkaian utama vaksin dua dosis yang diberikan kepada anak-anak mulai usia 5 hingga di bawah 12 tahun memberikan tingkat kemanjuran perlindungan yang tinggi terhadap COVID-19 selama periode ketika variant of concern Delta mendominasi di AS.

Komite Penasihat Vaksin dan Produk Biologis Terkait FDA rencananya akan bertemu pada 26 Oktober guna membahas apakah mereka akan mengizinkan penggunaan vaksin tersebut untuk anak-anak usia 5 hingga 11 tahun.

Jika diizinkan, maka ini akan menjadi vaksin COVID-19 pertama untuk anak-anak kelompok usia lebih muda.

Saat ini, vaksin Pfizer-BioNTech telah mendapat persetujuan penuh untuk digunakan pada orang-orang berusia 16 tahun ke atas, dan mengantongi EUA untuk anak-anak kelompok usia 12 hingga 15 tahun.sinpo

Komentar: