Kunjungi Istana Maimun, Zulkifli Hasan: Pemerintah Wajib Jaga Warisan Adat

Oleh: Satria Achmad
Kamis, 21 Oktober 2021 | 16:49 WIB
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengunjungi Medan Sumatera Utara pada Kamis (21/10)/Ist
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengunjungi Medan Sumatera Utara pada Kamis (21/10)/Ist

SinPo.id - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) sekaligus Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengunjungi Medan Sumatera Utara, Kamis (21/10). Kunjungannya kali ini dalam rangka konsolidasi kader PAN Sumatera Utara sekaligus pelantikan pengurus wilayah Ikatan Alumni Rasimen Mahasiswa (IARMI) di mana Zulhas menjadi ketua dewan pembina.

Lokasi pertama yang dikunjungi Zulhas dalam safari politiknya ke Medan adalah Istana Maimun, Kesultanan Deli, yang terletak di Jalan Brigjen Katamso, Medan. Tiba di lokasi, Zulhas langsung disambut tarian adat Melayu Deli dan disematkan Tengkuluk khas kesultanan Deli.

“Alhamdulillah saya bisa mengunjungi Istana Maimun, ini warisan adat dan budaya yang luar biasa. Harus kita jaga dan lestarikan bersama,” Kata Zulhas melalui keterangan tertulisnya yang diterima SinPo.id, Kamis (21/10).

Perwakilan keluarga Kesultanan Deli mengajak Ketum PAN itu berkeliling mengunjungi kompleks istana. Zulhas diperkenalkan kepada khazanah peninggalan Kesultanan Deli.

“Sejauh ini kami dibantu baik Pemerintah Kota dan Provinsi, tetapi mudah-mudahan bisa mendapat bantuan lebih untuk menjaga warisan adat dan budaya ini. Utamanya untuk perawatan. Beberapa keluarga kesultanan masih tinggal di sini.” Cerita Wahyu yang juga berprofesi sebagai tour guide.

Zulhas mengatakan memang kewajiban pemerintah untuk menjaga warisan adat dan budaya seperti Istana Maimun ini. Harapannya banyak generasi muda yang bisa belajar dan mengambil inspirasi dari sejarah.

“Saya akan komunikasikan. Tempat-tempat seperti ini perlu dirawat dengan baik, Keraton Jogja, Keraton Solo juga bagus. Masyarakat perlu diajak mengunjungi,” tutupnya.

Dalam kunjungannya ke Medan kali ini, Zulhas ditemani rombongan dari DPP PAN dan sejumlah anggota DPR di antaranya Ketua Fraksi PAN Saleh Daulay dan Anggota Komisi X Zainuddin Maliki.

Zulhas dijadwalkan berada di Medan hingga Jumat (22/10) dan akan bertemu dengan Gubernur Sumut Eddy Rahmayadi serta Walikota Medan Bobby Nasution.sinpo

Komentar: