Breaking News: Facebook Berencana Ganti Nama Mulai Pekan Depan

Laporan: Samsudin
Rabu, 20 Oktober 2021 | 15:48 WIB
 CEO Facebook Mark Zuckerberg/Ist
CEO Facebook Mark Zuckerberg/Ist

SinPo.id - Raksasa media sosial Facebook Inc berencana untuk mengubah citra dirinya dengan nama baru minggu depan. Blog teknologi Amerika Verge melaporkan rencana tersebut Selasa, (19/10) mengutip salah satu sumber.

Melansir Aljazeera, Rabu (20/10), Chief Executive Officer Facebook Mark Zuckerberg berencana menyampaikan pergantian nama tersebut pada konferensi tahunan perusahaan pada 28 Oktober 2021 mendatang. Namun informasinya, rencana itu bisa dipercepat

Namun hingga saat ini, belum ada tanggapan resmi dari pihak facebook atas rumor ini.

Diketahui keinginan CEO Facebook Mark Zuckerberg membuat metaverse muncul sangat kuat belakangan ini. Saat ini Facebook sudah memiliki lebih dari 10.000 karyawan yang membangun perangkat keras yang mendukung metaverse. Salah satu contohnya adalah kacamata pintar Facebook yang bekerja sama dengan Ray-Ban.

Mark Zuckerberg sangat meyakini kacamata itu nantinya akan sama populernya dengan ponsel pintar yang ada saat ini. Perbedaannya kacamata itu akan jadi jembatan menuju metaverse buatan Facebook.

“Kami akan secara efektif bertransisi dari orang-orang yang melihat kami sebagai perusahaan media sosial menjadi perusahaan metaverse,” ungkap Mark Zuckerberg.

'Perusahaan metaverse'

Rebranding akan memposisikan aplikasi media sosial Facebook sebagai salah satu dari banyak produk di bawah perusahaan induk, yang juga akan mengawasi grup seperti Instagram, WhatsApp, Oculus, dan lainnya, tambah laporan Verge.

Langkah untuk mengubah citra juga akan mencerminkan fokus Facebook dalam membangun apa yang disebut metaverse, dunia online di mana orang dapat menggunakan perangkat yang berbeda untuk bergerak dan berkomunikasi dalam lingkungan virtual, menurut laporan tersebut.

Facebook telah banyak berinvestasi dalam virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) dan bermaksud untuk menghubungkan hampir tiga miliar penggunanya melalui beberapa perangkat dan aplikasi.

Pada hari Selasa, perusahaan mengumumkan rencana untuk menciptakan 10.000 pekerjaan di Uni Eropa selama lima tahun ke depan untuk membantu membangun metaverse.

Zuckerberg telah berbicara tentang metaverse sejak Juli ketika dia mengatakan bahwa kunci masa depan Facebook terletak pada konsep metaverse - gagasan bahwa pengguna akan hidup, bekerja, dan berolahraga di dalam alam semesta virtual. Headset dan layanan realitas virtual Oculus perusahaan adalah bagian penting untuk mewujudkan visi itu.

"Di tahun-tahun mendatang, saya berharap orang-orang akan beralih dari melihat kami terutama sebagai perusahaan media sosial menjadi melihat kami sebagai perusahaan metaverse," kata Zuckerberg saat itu.

"Dalam banyak hal, metaverse adalah ekspresi tertinggi dari teknologi sosial.".sinpo

Komentar: