Bahas Afghanistan, Taliban Ikut Pertemuan Penting Di Moskow

Oleh: Pandu Satya
Jumat, 15 Oktober 2021 | 09:00 WIB
Wakil Perdana Menteri Afghanistan, Mullah Abdul Ghani Baradar/Net
Wakil Perdana Menteri Afghanistan, Mullah Abdul Ghani Baradar/Net

SinPo.id - Sebuah pertemuan penting akan dilakukan Taliban di Moskow membahas tentang Afghanistan. Pertemuan ini dijadwalkan pada 20 Oktober mendatang.

Kabar tersebut mengutip dari  kementerian luar negeri Rusia pada Rabu (13/10).

Dilansir dari Reuters, selain Afganistan, pertemuan bertema Format Moskow juga akan dihadiri pembicara dari China, India, Pakistan dan Iran.

"Secara harfiah kami akan segera mengadakan pertemuan baru dari trio yang diperluas di Moskow, tepat sebelum pertemuan format Moskow, yang mencakup 11 negara bagian," ucap Direktur Departemen Asia Kedua Kementerian Luar Negeri Rusia, Zamir Kabulov, yang menyatakan pada Selasa dalam sesi Presidium Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia, TASS melaporkan.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova menuturkan, Rusia prihatin atas kegiatan dan aktivitas ISIS di Afghanistan.

Selain itu, Zakharova juga menyindir negara-negara lain yang sudah meninggalkan Afghanistan setelah bercokol selama 20 tahun untuk ikut berperan.

"Juga dicatat bahwa negara-negara yang kehadirannya selama 20 tahun berakhir dengan keadaan menyedihkan saat ini di Afghanistan diharapkan untuk mengambil peran yang bertanggung jawab dalam rekonstruksi ekonomi Afghanistan pasca-konflik,” ucap Zakharov.

Zakharova menambahkan bahwa mekanisme troika yang diperluas dan format Moskwa dapat berkontribusi pada proses rekonsiliasi antar-Afghanistan dan pembentukan pemerintahan yang inklusif.

Seminggu sebelum pertemuan Moskow, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan keterlibatan Amerika Serikat di Afghanistan telah menyebabkan tragedi, Selasa (12/10).

Setelah Amerika Serikat menarik pasukan mereka pada awal tahun ini setelah 20 tahun invasi ke Afghanistan, dengan cepat Taliban merebut kembali kekuasaan dan pemerintah sebelumnya runtuh.sinpo

Komentar: