Angka Covid-19 Di Malaysia Menurun, Pembatasan Perjalanan Dilonggarkan

Oleh: Pandu Satya
Senin, 11 Oktober 2021 | 21:08 WIB
Ilustrasi Negara Malaysia/Net
Ilustrasi Negara Malaysia/Net

SinPo.id - Negara Malaysia kini telah  melonggarkan pembatasan untuk perjalanan domestik dan internasional bagi penduduk yang sudah merampungkan vaksinasi Covid-19 mulai dari Senin, (11/10).

Sebelumnya, covid-19 di Malaysia sempat memburuk dan mendorong pihak berwenang untuk memberlakukan lockdown yang ketat.

Dengan jumlah yang perlahan menurun dan vaksinasi yang cepat, otoritas Malaysia mulai mencabut aturan pembatasan. Bisnis-bisnis sudah diizinkan untuk dibuka kembali dan pekerja perlahan kembali ke tempat kerja.

Perdana Menteri Ismail Sabri Yaakob menyatakan dalam pidato yang disiarkan televisi pada Minggu waktu setempat, pemerintahannya setuju mengizinkan warga Negeri Jiran yang sudah disuntik vaksin boleh bepergian ke luar negeri tanpa perlu mengajukan izin lagi.

"Menurut Kementerian Kesehatan, tingkat vaksinasi untuk populasi orang dewasa telah mencapai 90%," ucap Ismail saat menjelaskan kebijakan pelonggaran yang mulai akan mulai berlaku pada Senin (11/10).

Ismail Sabri juga memperingati pada masyarkat agar terus mematuhi protokol kesehatan seperti mengenakan masker, agar virus tetap terkendali.

"Jangan berpuas diri. Ini penting dalam upaya pemerintah untuk membuka kembali perekonomian," lanjut Ismail.

Sejauh ini, negara yang mempunyai penduduk lebih dari 32 juta orang, telah mencatatkan lebih dari 2,3 juta atas kasus Covid-19 dan 27 ribu kasus kematian.sinpo

Komentar: