Lodewijk Beberkan Urgensi Baleg DPR Kunker Ke Brasil Dan Ekuador

Oleh: Stefanus Samuel
Senin, 04 Oktober 2021 | 14:58 WIB
Wakil Ketua DPR RI, Lodewijk Freidrich Paulus/SinPo
Wakil Ketua DPR RI, Lodewijk Freidrich Paulus/SinPo

SinPo.id - Kunjungan kerja (Kunker) Baleg DPR RI ke Brasil dan Ekuador terkait dengan studi Rancangan Undang-undang? Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS). Kunjungan Baleg DPR ke Brasil dan Ekuador merupakan kunjungan penting.

Begitu disampaikan Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Freidrich Paulus, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (4/10).

"Pada gilirannya kita tidak ingin setelah undang-undang ternyata di komplain orang, menjadi masalah karna kita tidak melakukan studi banding tidak melakukan masukan, ini terus terang undang-undang seperti ini kan sensitif ya, sensitifitas inilah yang kita harapkan kita dapat masukan," terang Lodewijk. ?

Pemilihan Brasil sebagai negara tujuan kunjungan kerja, kata Sekjen Golkar ini, karena kekerasan seksual di negara itu sudah seperti menjadi budaya, sehingga DPR ingin mengetahui bagaimana cara Brasil mengimplementasikan Undang-undang dalam mengatasi kekerasan seksual.

"Brasil adalah satu negara yang dianggap masalah kekerasan seksual itu seperti sudah menjadi budaya negara tersebut. Tetapi ada sesuatu yang tentunya kita perlu petik ya dari bagaimana mengimplementasikan dari aspek struktur atau kelembagaan dan perundang-undangan itu," ucap Lodewijk.

Sementara Ekuador dipilih karena negara tersebut mampu mengimplementasikan Undang-undang Anti Kekerasan terhadap Perempuan.

"Ekuador setelah kita adakan kajian merupakan suatu negara yang mampu mengimplementasikan tentang undang-undang? anti kekerasan terhadap perempuan, nah disana sudah berjalan,"? kata Lodewijk.

Dengan dilakukannya kunjungan kerja ini, Lodewijk berharap nantinya saat uji publik ataupun tahapan selanjutnya dari RUU ini? bisa betul-betul mendapatkan masukan dan bisa mengimplementasikan secara baik di Indonesia.sinpo

Komentar: