Reshuffle Kabinet, Ini Pos Kementerian Yang Cocok Buat PAN

Laporan: Sinpo
Senin, 27 September 2021 | 21:33 WIB
Analis Politik Hendri Satrio/Repro
Analis Politik Hendri Satrio/Repro

SinPo.id - Partai Amanat Nasional (PAN) sudah masuk dalam koalisi pemerintahan Presiden Joko Widodo. Hadirnya PAN membuat isu reshuffle kembali menguat.

Pertanyaanya pos kementerian apa yang akan ditempatkan Jokowi buat  kader PAN.

Ramai sejumlah kalangan masyarakat memprediksi PAN akan menggantikan pos kementerian yang diisi oleh kalangan profesional.

Analis komunikasi politik, Hendri Satrio berpendapat, ada dua kementerian yang bisa diisi oleh kader PAN. Dua kementerian tersebut dinilai paling cocok dan sering ditempati oleh wakil dari partai berlambang matahari tersebut.

"Nah kalau PAN itu kan ada beberapa tempat ya, yang bisa yang selama ini dihuni oleh PAN ya pertama PAN-RB, yang kedua adalah di Perhubungan,” ujar Hensa biasa disapa, Senin (27/9).

Pendiri lembaga survei KedaiKOPI ini melanjutkan, jika PAN tidak ditempatkan di dua pos tersebut, ada dua kementerian lain yang rasanya pas diisi kader PAN. Yaitu Kementerian UMKM dan Kemendikbud.

"Kalau mau sama ya di dua kementerian itu, kalau mau beda ya kita lihat lagi kementerian yang dihuni oleh atau dikuasai oleh kader profesional, itu kan ada UMKM, Mendikbud mungkin ya. Antara itu, UMKM atau Mendikbud, yang diisi oleh profesional lah intinya,” demikian Hensat seperti dilansir RMOLID.sinpo

Komentar: